Emmy, Saputri Indah Aji Nur (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Sistem Tata Surya (Misitas) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Di MI Hidayatul Mustafidin Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609718_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932609718_bab1.pdf Download (212kB) |
|
Text
932609718_bab2.pdf Download (403kB) |
|
Text
932609718_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
932609718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
|
Text
932609718_bab5.pdf Download (98kB) |
|
Text
932609718_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
|
Text
932609718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932609718_suratpernyataan.pdf Download (109kB) |
Abstract
Kurang maksimalnya dan terbatasnya media pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang tertarik pada materi pembelajaran yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan hasil belajar yang tidak maksimal. Maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran miniatur sistem tata surya (MISITAS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI di MI Hidayatul Mustafidin Kabupaten Kediri. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek coba pada penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi, dan peserta didik kelas VI MI Hidayatul Mustafidin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media MISITAS melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan media MISITAS dilihat dari hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli media 1 dan 2 masing-masing mendapatkan persentase 75% dengan kategori layak namun perlu revisi kecil, 95% dengan kategori sangat layak, 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari kedua ahli materi mendapatkan kategori sangat layak/valid digunakan dengan persentase 97% dan 95%. Kemudian untuk respon peserta didik mendapatkan kategori sangat valid digunakan dengan persentase 90% pada uji coba produk skala kecil dan 96% pada uji coba produk skala besar. 3) Efektivitas media MISITAS dilihat dari hasil tes peserta didik. Hasil tes pada uji coba skala kecil diperoleh nilai rata-rata pre-test 64 dengan persentase ketuntasan 20% sedangkan nilai rata-rata post-test 90 dengan persentase ketuntasan 100%. Kemudian untuk hasil tes uji coba skala besar diperoleh nilai rata-rata pre-test 65 dengan persentase ketuntasan 25% sedangkan nilai rata-rata post-test 96 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari pre-test ke post-test. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media MISITAS ini sangat efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saputri Indah Aji Nur Emmy |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 06:41 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 06:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7452 |
Actions (login required)
View Item |