Pengembangan Media Pembelajaran Box Cerdas Sistem Pernapasan (Boxdas Siperna) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Hidayatul Mustafidin

Umma, Alfi Farichatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Box Cerdas Sistem Pernapasan (Boxdas Siperna) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Hidayatul Mustafidin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932612818_bab1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932612818_bab2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
932612818_bab3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
932612818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
932612818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
932612818_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932612818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932612818_suratpernyataan.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan di MI Hidayatul Mustafidin Grogol Kediri, pengembangan media dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran yang belum memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran dan hanya berfokus pada guru dan buku pelajaran. Masalah ini berdampak pada tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA terkhusus adalah materi sistem pernapasan manusia. Untuk itu perlu adanya pengembangan lebih lanjut terkait media pembelajaran. Pengembangan produk boxdas siperna dilakukan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam keberlangsungan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE sebagai dasar pelaksanaan pengembangan,model ini memiliki 5 tahapan,yaitu analisis, perancangan, pengembangan,implementasi(penerapan), dan evaluasi(penilaian). Penelitian dilakukan di MI Hidayatul Mustafidin dengan 2 tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, jumlah siswa dalam uji coba kecil sebanyak 5 siswa dan uji coba kelompok besar adalah 18 siswa,pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi,wawancara,penyebaran angket,dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memperoleh hasil bahwa media pembelajaran boxdas siperna terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media di validasi oleh ahli media dan ahli materi. (1) Kelayakan media yang di validasi oleh ahli media, memfokuskan penilaian dari segi desain dan kekuatan media, ahli media memberikan penilaian dengan persentase hasil 95%byang artinya media sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas 5. (2)Kelengkapan materi yang di validasi oleh ahli materi, memfokuskan penilaian pada kelengkapan materi dan kesesuaian materi dengan media pembelajaran, ahli materi memberikan penilaian dengan persentase hasil 97% dengan catatan bahwa materi sangat lengkap dan telah sesuai dengan media pembelajaran. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 92% dan uji kelompok besar mendapatkan persentase 94%. Berdasarkan paparan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran boxdas siperna merupakan media yang cocok digunakan dalam pembelajaran IPA pada tingkatan kelas 5,dan dapat dikembangkan sesuai dengan problematika pembelajaran yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfi Farichatul Umma
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:42
Last Modified: 13 Jan 2023 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7445

Actions (login required)

View Item View Item