Pengembangan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Fil Maqshofi Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kaliboto

Rohmah, Siti (2023) Pengembangan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Fil Maqshofi Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kaliboto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606818_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932606818_bab1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932606818_bab2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932606818_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
932606818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
932606818_bab5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932606818_daftarpustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah, dalam materi fil maqshofi tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal sehingga berpengaruh terhadap keefektifan belajar siswa. Saat pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran agar efektif dan efesien. Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu menggunakan media pembelajaran seperti media flash card. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berupa media flash card yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Huda Kaliboto kelas V yang berjumlah 26 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu: analyze, design, development, implemention, and evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli media, ahli materi, ahli soal, tanggapan siswa dan soal pretest-posttest. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media flash card bahasa Arab materi fil maqshofi. Uji coba kelayakan dari ahli media mencapai skor sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, dari ahli materi memperoleh persentase skor sebesar 82% dengan kriteria layak digunakan dan dari ahli soal memperoleh skor sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Pada tanggapan siswa pada media flash card sebagai media penunjang pembelajaran dengan memperoleh presentase skor sebesar 93%. Pada hasil pretest-posttest siswa, peningkatan hasil belajar berada pada tingkat “sedang” dilihat dari skor uji n-gain sebesar 0,61 sehingga media pembelajaran flash card dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab materi fil maqshofi karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan. Kata kunci: Pengembangan, Media Flash Card, Hasil Belajar, Materi Fil Maqshof

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti ROhmah
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:25
Last Modified: 11 Jan 2023 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7431

Actions (login required)

View Item View Item