Yunita, Kharisma Tsalits (2022) Strategi Pelayanan Sampoerna Retail Community untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Misbah (Studi kasus Toko Misbah Dusun Tawangsari Desa Karangrejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931303618_prabab.pdf Download (906kB) |
|
Text
931303618_bab1.pdf Download (208kB) |
|
Text
931303618_bab2.pdf Download (197kB) |
|
Text
931303618_bab3.pdf Download (104kB) |
|
Text
931303618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
931303618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Text
931303618_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
931303618_daftarpustaka.pdf Download (557kB) |
Abstract
Kemajuan zaman dan inovasi menuntut kehidupan usaha atau bisnis untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Sebuah usaha atau bisnis eceran yang tidak mampu beradaptasi dengan keadaan saat ini cepat terkadang akan tersisih dari lingkungan bisnis, sehingga penting untuk mempertimbangkan suatu strategi yang layak yang dapat membantu mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara akurat. Perlu adanya penerapan pelayanan yang baik yang diberikan kepada konsumen agar terciptanya interaksi yang baik dan rasa nyaman saat berbelanja. Sebuah usaha yang baik dan jujur dapat mempengaruhi minat beli bagi konsumen dan jumlah omset penjualan sehingga usaha yang dilakukan dapat berjalan sesuai keinginan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan Sampoerna Retail Community (SRC) yang diterapkan pada Toko Misbah dan untuk mengetahui peran strategi pelayanan Sampoerna Retail Community (SRC) pada Toko Misbah dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research yang berarti peneliti turun langsung ke lokasi untuk meneliti hal yang menjadi pokok permasalahan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara analisis pra-lapangan dan analisis selama di lapangan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan penelitian dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa Strategi pelayanan SRC yang diterapkan di toko Misbah adalah tersedianya fasilitas atau Bukti Fisik (tangible) yang memadai. Empati (empathy) yang diberikan berupa dilakukannya komunikasi yang baik dengan konsumennya. Keandalan (reability) yang diberikan berupa kecepatan dan ketepatan waktu dalam membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Daya tanggap (responsiveness) yang diberikan adalah selalu sigap dalam melayani konsumen. Jaminan (assurance) adalah pelayanan berupa pemberian janji bahwa dijamin produk yang dijual tidak ada yang rusak atau cacat. Kelima dimensi Strategi Pelayanan SRC sudah diterapkan oleh toko Misbah dengan baik. Peran strategi pelayanan SRC untuk meningkatkan penjualan pada toko Misbah adalah menerapkan strategi pelayanan SRC melalui aplikasi Ayo SRC dan Pojok bayar. Dengan adanya Strategi Pelayanan SRC ini semakin mempermudah jangkauan konsumen yang lebih luas dan kemudahan dalam proses kegiatan jual beli membuat omset penjualan pada toko Misbah semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Depositing User: | Kharisma Tsalit Yunita |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 04:24 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 04:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7400 |
Actions (login required)
View Item |