Prabandaru, Fathima Ciptaning (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Full Day School Kelas VIII Di SMP Plus Rahmat Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933421018_prabab.pdf Download (425kB) |
|
Text
933421018_bab1.pdf Download (496kB) |
|
Text
933421018_bab2.pdf Download (489kB) |
|
Text
933421018_bab3.pdf Download (560kB) |
|
Text
933421018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
933421018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
933421018_bab6.pdf Download (223kB) |
|
Text
933421018_daftarpustaka.pdf Download (350kB) |
|
Text
933421018_suratpernyataan.pdf Download (255kB) |
Abstract
ABSTRAK Ciptaning, Fathima, 2022. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA FULL DAY SCHOOL KELAS VIII DI SMP PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh Asror Yusuf, M. Ag dan (II) Novi Wahyu Winastuti, M.Psi, Psikolog. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Motivasi belajar ialah dorongan internal dan eksternal siswa yang sedang belajar untuk perubahan tingkah laku dengan beberapa faktor pendukung. Sedangkan kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengenali emosinya, emosi orang lain, memotivasi diri sendiri, berempati, dan menjalin hubungan dengan sekitar. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar memiliki peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam mencapai kesuksesannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1. Tingkat Motivasi Belajar, 2. Tingkat Kecerdasan Emosional. 3. Pengaruh antara Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar siswa Full Day School kelas VIII di SMP Plus Rahmat Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Plus Rahmat Kota Kediri yang berjumlah 60 siswa, dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dari variabel kecerdasan emosional menggunakan teori Daniel Goleman, sedangkan variabel motivasi belajar menggunakan teori Hamzah B Uno. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana dan bantuan SPSS for Windows Version 25. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah: 1. Tingkat kecerdasan emsional siswa adalah sedang dengan presentase 43,6%. 2. Tingkat motivasi belajar siswa adalah sedang dengan presentase 32,7% 3. Adanya pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar dengan signifikansi < 0,05 Arah hubungan positif artinya menunjukkan bahwa, semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan regresi sederhana dapat diketahui bahwa hipotesis diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,546 yang berarti bahwa korelasi/hubungan antara keduanya adalah sangat kuat
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Fathima Ciptaning Prabandaru |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:58 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7388 |
Actions (login required)
View Item |