Abdurrohman, Moh. Fajar (2021) Peran Guru Dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa Di MTs Al Ishlah Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138515_prabab.pdf Download (975kB) |
|
Text
932138515_bab1.pdf Download (247kB) |
|
Text
932138515_bab2.pdf Download (327kB) |
|
Text
932138515_bab3.pdf Download (233kB) |
|
Text
932138515_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
932138515_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
932138515_bab6.pdf Download (231kB) |
|
Text
932138515_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi FAJAR ABD.pdf Download (192kB) |
Abstract
M. FAJAR ABDURROHMAN: Peran Guru dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa di MTs Al Ishlah Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Dosen Pembimbing Drs. MOH ROIS, MA, dan SAIFULLAH, M.Ag Kata kunci: Peran, Guru, Kedisiplinan Disiplin merupakan kunci utama dalam meraih sukses. Disiplin adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam mengatasi kedisiplinan siswa di MTs Al Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri. Peran guru yang dianggap sangat penting karena berhubungan langsung dengan kegiataan dan rutinitas siswa sehari-hari. Manfaat disiplin bagi siswa adalah dapat membiasakan hadir tepat waktu, dan membiasakan mematuhi aturan sekolah. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana tindakan guru dalam mengatasi kedisiplinan siswa di MTs Al Ishlah Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri..? (2) bagaimana hasil dari tindakan guru dalam mengatasi kedisiplinan siswa di MTs Al Ishlah Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri..? Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini kehadiran peneliti dilapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengungkap makna yang ada. Kata kata dan tindakan yang diperoleh dari responden merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan sumber data tambahan berupa dokumen. Jenis data tersebut diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, damn tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini dihasilkan beberapa temuan, yaitu ketidakdisiplinan siswa MTs Al Ishlah : (1) tidak masuk kelas, (2) tidak kembali ke kelas setelah jam istirahat. Tindakan guru untuk mengatasi siswa yang tidak disiplin : (1) di panggil menghadap guru BK, (2) adanya hukuman bagi yang tetap melanggar disiplin. Hasil dari tindakan guru dalam mengatasi siswa yang tidak disiplin : adanya ketaatan bagi siswa dalam mematuhi peraturan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOHAMMAD FAJAR ABDURROHMAN |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:33 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7364 |
Actions (login required)
View Item |