Penerapan Pembelajaran Kitab Klasik untuk Penguatan Materi Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Nganjuk

Mughis, Muchamad Samsul (2022) Penerapan Pembelajaran Kitab Klasik untuk Penguatan Materi Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101820011_prabab.pdf

Download (420kB)
[img] Text
92101820011_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
92101820011_bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
92101820011_bab3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
92101820011_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101820011_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
92101820011_bab6.pdf

Download (173kB)
[img] Text
92101820011_daftarpustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text
92101820011_suratpernyataan.pdf

Download (329kB)

Abstract

Kitab klasik yang sangat familiar dalam kurikulum pendidikan non-formal seperti pesantren dan madin, tapi tidak familiar dalam kurikulum formal. Bahkan dari latar belakang siswa di formal secara mayoritas tidak berlatar belakang pesantren atau madin. Namun begitu, meskipun sangat tidak tertutup kemungkinan pembelajaran kitab klasik juga diterapkan di Madrasah Negeri seperti halnya yang ada di Madrasah Aliah Negeri 3 Nganjuk. Untuk itu fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab klasik di MAN 3 Nganjuk? 2) Bagaimana kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Nganjuk? 3) Bagaimana kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Fiqih di MAN 3 Nganjuk? Dan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab klasik di MAN 3 Nganjuk, 2) mengetahui kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Nganjuk, 3) mengetahui kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Fiqih di MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis, peneliti menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian mengambil kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab klasik di MAN 3 Nganjuk, memiliki beberapa tahap yaitu organisir waktu, apersepsi, bandongan, penyimpulan, pertanyaan, UTS dan UAS, 2) Kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Nganjuk, diantaranya adalah penanaman nilai tawakal dan sikap kasih sayang, 3) Kontribusi pembelajaran kitab klasik bagi penguatan pelajaran Fiqih di MAN 3 Nganjuk, diantaranya nilai antisipasi nikah dini, tidak meremehkan dalam hal memilih kriteria pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchamad Samsul Mughis
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:07
Last Modified: 26 Jan 2023 04:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item View Item