kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Pare Tahun Pelajaran 2017/2018

Istiqomah, Ulyl (2018) kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Pare Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114113-prabab.pdf

Download (896kB)
[img] Text
932114113-bab1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932114113-bab2.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932114113-bab3.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932114113-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
932114113-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
932114113-bab6.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932114113-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932114113-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional di pandang sebagai salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting terhadap prestasi belajar siswa. Apabila kecerdasan emosional siswa tinggi, maka dapat menimbulkan rasa empati, rasa saling menghargai satu sama lain dan kesadaran motivasi diri sendiri dalam proses belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya, bila tingkat kecerdasan emosional siswa rendah, maka berakibat menurunya prestasi belajar siswa. Karena hasil belajar diklasifikasikan menjadi tiga ranah yaitu: ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor. Berdasarkan uraian tersebut adapun tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pare; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pare; 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pare populasi berjumlah 118 siswa dengan sampel berjumlah 170 yang ditentukan menggunakan tabel Krejcie. Analisis data statistik menggunakan rumus software SPSS 16. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini bahwa: 1) kecerdasan emosional mendapatkan nilai rata-rata 135,31 yang masuk interval baik dalam interpretasi True Score.; 2) prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII memperoleh nilai rata-rata 85 dalam distribusi frekuensi belajar. Yang dikelompokkan ke dalam skor 76-85 yang artinya memuaskan dengan kategori B.; 3) pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,722>0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 0,001% yang artinya variabel kecerdasan emosional (X) mempengaruhi variabel prestasi belajar (Y) sebesar 1% dan 99% di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2019 04:20
Last Modified: 07 Oct 2019 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item