Pengaruh Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di MI Syamsul Huda

Husna, Latifatul (2022) Pengaruh Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di MI Syamsul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609818_prabab 2.pdf

Download (801kB)
[img] Text
932609818_bab1.pdf

Download (694kB)
[img] Text
932609818_bab2.pdf

Download (624kB)
[img] Text
932609818_bab3.pdf

Download (636kB)
[img] Text
932609818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
932609818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
932609818_bab6.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932609818_daftarpustaka.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932609818_suratpernyataan.pdf

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di MI Syamsul Huda” ini ditulis oleh Latifatul Husna, NIM 932609818, dengan dosen pembimbing 1 Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd. dan dosen pembimbing II Choiru Ummatin, M.Pd. Kata kunci : kemampuan koneksi matematis, kemaampuan berpikir kritis, hasil belajar Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi dilandasi oleh perkembangan ilmu matematika pada kususnya dibidang aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Menurut NCTM pembelajaran matematika menuntut peserta didik untuk memiliki 5 kemampuan dasar yaitu pemecahan masalah,penalaran, komunikasi, koneksi matematis, dan representasi matematis. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan koneksi matematis dalam pelajaran matematika yang dimiliki oleh sebagian siswa, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan juga hasil belajar siswa. Kemampuan koneksi matematis ini sangat bermanfaat bagi diri siswa ini sendiri karena dengan koneksi matematis siswa menjadi lebih mudah untuk memahami pelajaran matematika pada khususnya dan pelajaran lain pada umumnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Untuk mengetahui 1) adakah pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran matematika kelas 5 di MI Syamsul Huda. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika kelas 5 di MI Syamsul Huda. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika kelas V di MI Syamsul Huda.Penelitian ini menggunakan jenis pendekaatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas V mi Syamsul Huda, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes dan juga angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI Syamsul Huda, pada taraf signifikasi 0,60. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Syamsul Huda, pada taraf signifikasi 0,000. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Syamsul Huda, pada taraf signifikasi 0,000. 4) Kemampuan koneksi matematis berpengaruh sebesar 10,4% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI Syamsul Huda. 5) Kemampuan koneksi matematis berpengaruh sebesar 81,9% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di M I Syamsul Huda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latifatul Husna
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:37
Last Modified: 29 Dec 2022 07:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item