Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA 3 Di SMA Negeri 1 Purwoasri

Haris, Alvin Aditya (2022) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA 3 Di SMA Negeri 1 Purwoasri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125015_prabab.pdf

Download (983kB)
[img] Text
932125015_BABI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932125015_BABII.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932125015_BABIII.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932125015_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
932125015_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
932125015_BABVI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932125015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932125015_suratpernyataan.pdf

Download (327kB)

Abstract

Alvin Aditya Haris, 2022. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Purwoasri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2022. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar PAI Siswa. Guru agama Islam merupakan instrumen kunci dalam pendidikan. Guru sebagai pendidik dan pembimbing tidak hanya mentransfer ilmu saja tetapi juga harus bisa memotivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian diperlukan upaya Guru dalam memotivasi siswa, guru juga dituntut untuk mampu mengelola atau memvariasi pembelajaran agar siswa tidak jenuh dengan materi yang diajarkan dan motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI PAI di SMAN 1 Purwoasri 2) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi bagi siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah dua guru Pendidikan Agama Islam serta siswa SMA Negeri 1 Purwoasri, adapun metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti mengunakan kualitatif deskriptif. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Untuk motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa ini tergolong masih rendah hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di anataranya yaitu, diri siswa itu sendiri, dari guru, orang tua dan lingkungan siswa. Namun demikian, sebagai guru Pendidikan Agama Islam upaya yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi bagi siswa yang peneliti wawancarai pada kedua guru PAI tersebut mempunyai cara tersendiri untuk memberikan motivasi pada siswanya yaitu memberikan nilai kepada siswa, memberikan tepuk tangan kepada siswa yang bisa menjawab, memberikan hukuman kepada siswa yang membangkitkan smangat siswa yang tidak bisa menjawab dan memberikan dorongan semangat dengan memberikan ucapan semangat seperti semangat belajar, jangan pantang menyerah, serta selalu giat menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alvin Aditya Haris
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:13
Last Modified: 26 Dec 2022 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7273

Actions (login required)

View Item View Item