Tinjauan Hukum Islam Terhadap Endorsement Mengenai Review Produk Skincare (Studi Kasus Pada Influencer Kediri Di Media Sosial Tiktok Dan Instagram)

Pertiwi, Fifi Amalia (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Endorsement Mengenai Review Produk Skincare (Studi Kasus Pada Influencer Kediri Di Media Sosial Tiktok Dan Instagram). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931210118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931210118_bab1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
931210118_bab2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
931210118_bab3.pdf

Download (220kB)
[img] Text
931210118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
931210118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
931210118_bab6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
931210118_daftarpustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
931210118_suratpernyataan.pdf

Download (310kB)

Abstract

Strategi endorsement merupakan cara komunikasi pemasaran menggunakan tokoh atau orang yang banyak dikenal maupun yang memiliki jumlah followers atau pengikut yang banyak seperti artis, fashion blogger, influencer, fashion stylish dan lainnya untuk pendukung dan penunjang keterikatan masyarakat dengan produk yang akan ditawarkan dalam media sosial yang digunakan. Review produk yang berarti memberikan ulasan suatu produk atau jasa dari segi kualitasnya yang berdasarkan opini atau pengalaman faktual dari pengguna. Apabila jenis pekerjaan yang dilakukan jelas dan tidak melanggar aturan, maka ulama fiqih sepakat memperbolehkan ijarah al-amal ini. Produsen memberikan tenggat waktu kepada seorang influencer untuk melakukan sebuah review produk skincare. Maka dari itu, peneliti ingin melihat praktik yang dilakukan seorang Influencer di Kediri dalam melakukan review sebuah produk skincare, dengan fokus penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana praktik yang dilakukan oleh Influencer di Kediri untuk memberikan review produk skincare dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik yang dilakukan oleh Influencer di Kediri untuk memberikan review produk skincare. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan yang akan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah pertama, praktik endorsement yang dilakukan influencer di Kediri untuk memberikan review produk skincare dengan cara menerima dan memberikan review produk skincare sesuai dengan script yang diberikan oleh pihak mujir (orang yang memberikan imbalan). Influencer diberikan waktu oleh mujir selama lima sampai sepuluh hari untuk mengunggah video endorsement review produk skincare setelah barang diterima. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap praktik endorsement yang dilakukan oleh influencer di Kediri untuk memberikan review produk skincare tidak sesuai dengan syarat ijarah atas suatu pekerjaan (ijarah al-amal) atau sewa jasa, dalam ketentuan hukum Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 24 Tahun 2017 menyebutkan bahwa memproduksi dan/atau menyebarkan konten/informasi yang tidak benar kepada masyarakat hukumnya haram. Karena didalamnya terdapat suatu ketidak jujuran, hal itu sama dengan memberikan kebohongan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180105 Commercial and Contract Law (Hukum Dagang)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fifi Amalia Pertiwi
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:14
Last Modified: 26 Dec 2022 08:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item