Ekananda, Salsabila Septa (2022) Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932400418_prabab.pdf Download (592kB) |
|
Text
932400418_bab1.pdf Download (125kB) |
|
Text
932400418_bab2.pdf Download (204kB) |
|
Text
932400418_bab3.pdf Download (221kB) |
|
Text
932400418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
932400418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
932400418_bab6.pdf Download (38kB) |
|
Text
932400418_daftar_pustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
932400418_suratpernyataan.pdf Download (327kB) |
Abstract
Budaya pendidikan mengistilahkan budaya organisasi dengan istilah kultur akademis yang pada intinya mengatur para pendidik agar mereka memahami bagaimana seharusnya bersikap pada profesinya., beradaptasi terhadap rekan kerja dan lingkungan kerjanya, serta berlaku reaktif terhadap kebijakan pimpinannya sehingga terbentuklah sebuah sistem, nilai, kebiasaan (habits), citra akademis, dan etos kerja yang terinternalisasikan dalam kehidupannya sehingga mendorong adanya apresiasi dirinya terhadap peningkatan prestasi kerja, baik terbentuk oleh lingkungan organisasi tersebut maupun dikuatkan secara organisatoris oleh pimpinan akademis yang mengeluarkan sebuah kebijakan yang diterima ketika seseorang masuk dalam organisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana bentuk perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 8 Kediri 2) bagaimana pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 8 Kediri 3) bagaimana evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 8 Kediri Peneliti dalam penelitian kali ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus dengan instrumen penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari Guru mata pelajaran dan pegawai tata usaha, SMAN 8 Kediri. Sedangkan sumber pendukung lain di peroleh dari observasi dan dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Dalam perencanaan budaya organisasi sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 Kediri memiliki beberapa tahapan; menentukan target budaya organisasi sekolah, menganalisis faktor pembentuk budaya organisasi sekolah, sosialisasi dari kepala sekolah, menganalisis hambatan dan pengembangan budaya organisasi sekiolah.. 2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 memiliki beberapa tahapan; tahapan awal yang berfokus pada potensi guru, peran kepala sekolah dalam pelaksanaan budaya organisasi sekolah, bentuk budaya organiasai yang berjalan, penerapan iklim budaya organisasi sekolah, penerapan disiplin kerja. Tahapan pertama yaitu berfokus pada potensi yang dimiliki oleh guru. 3) Dalam tahapan evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru ada beberapa aspek; penilai kinerja guru, jenis evaluasi kinerja guru, indikator keberhasilan mutu kinerja guru, dan hal yang diperlukan dalam evaluasi. SMA Negeri 8 telah menerapkan beberapa aspek yang disebutkan dengan runtut dan seksama.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Salsabila Septa Ekananda |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:57 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7263 |
Actions (login required)
View Item |