Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTSN 1 Kota Kediri

Husnia, Alfi Lailatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTSN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137418_prabab.pdf

Download (604kB)
[img] Text
932137418_bab1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932137418_bab2.pdf

Download (485kB)
[img] Text
932137418_bab3.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932137418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
932137418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
932137418_bab6.pdf

Download (259kB)
[img] Text
932137418_daftarpustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932137418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ALFI LAILATUL HUSNIA, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTsN 1 Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing I, Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II, Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi Belajar. Media pembelajaran menyimpan konsep ilmu pengetahuan. Dalam proses pembelajaran ini dibutuhkan media pembelajaran yang efektif dan relevan dengan karakteristik materi dan siswa. Dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang kurang maksimal dalam pembelajaran luring maupun daring. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang memiliki motivasi belajar sehingga menjadi tidak fokus dan pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media pembelajaran audio visual mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Kota Kediri dan 2) Mengetahui efektivitas media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII di MTsN 1 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini siswa kelas VII D di MTsN 1 Kota Kediri yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual berupa video animasi dilakukan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap pengembangan selanjutnya divalidasi oleh para ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor (4,9) dikategorikan "Sangat Valid", hasil validasi ahli materi 1 diperoleh skor (5,00) dikategorikan "Sangat Valid", dan hasil validasi ahli materi 2 diperoleh skor (5,00) dikategorikan "Sangat Valid" dan 2) Efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui angket diperoleh hasil (4,56) dikategorikan "Sangat Menarik" data tersebut dikuatkan dengan hasil lembar observasi guru (4,8) yang dikategorikan "Sangat Praktis". Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual yang telah dikembangkan layak dijadikan media pembelajaran pendukung pembelajaran di kelas dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Lailatul Husnia
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:39
Last Modified: 23 Dec 2022 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item