Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di MI Syamsul Huda Kayen Kidul

Zuhriyah, Binti Fadlila Itsnani (2022) Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di MI Syamsul Huda Kayen Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609418_prabab.pdf

Download (470kB)
[img] Text
932609418_bab1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
932609418_bab2.pdf

Download (675kB)
[img] Text
932609418_bab3.pdf

Download (598kB)
[img] Text
932609418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
932609418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
932609418_bab6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932609418_daftarpustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932609418_SP.pdf

Download (201kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat diperlukan untuk mendapatkan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu maupun masyarakat. Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada materi gaya kelas IV di MI Syamsul Huda Kayen Kidul. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa, ada beberapa siswa yang nilainya masih dibawah KKM yang ditentukan, yaitu kurang lebih ada 9 anak dari 25 siswa. lalu peneliti membuat inovasi pembelajaran dengan menerapkan media gambar dalam pembelajaran IPA pada materi gaya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan media gambar terhadap hasil belajar ipa pada materi gaya Kelas IV di MI Syamsul Huda Kayen Kidul. 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh pengaruh media gambar terhadap hasil belajar ipa pada materi gaya Kelas IV di MI Syamsul Huda Kayen Kidul. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan yaitu siswa-siswi kelas IV-A dan IV-B. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan hasil wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media pada penelitian ini yaitu: Guru memperlihatkan gambar kepada siswa di depan kelas satu persatu, Guru menerangkan materi pembelajaran dengan menggunakan media gambar, Guru mengarahkan perhatian siswa pada gambar sambil melakukan tanya jawab kepada siswa satu persatu, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan menggunakan media gambar, Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Setelah penjelasan dengan menggunakan media gambar selesai guru membentuk grup kelompok (Forum Grup Discution) yang terbagi menjadi 6 kelompok. Setelah itu guru memberikan selembaran yang berisi gambar dan tugas untuk kelompok, setelah itu setiap kelompok menjelaskan sesuai pemahaman mereka tentang materi yang telah dijelaskan., 2) Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya kelas IV MI Syamsul Huda. Hasil belajar siswa berpengaruh dengan tujuan setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat memahami, mengingat dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai materi yang telah dibahas. Berdasarkan uji T-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen 79,33 menjadi 85,00 dan kelas kontrol 59,67 menjadi 65, 67. Hal ini terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Binti Fadlila I.Z
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:30
Last Modified: 27 Dec 2022 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item View Item