Nuriana, Alif Khurotin (2022) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Disertai Spinning Game Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas IV SD Aisyiyah Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611218_PRABAB.pdf Download (617kB) |
|
Text
BAB I_932611218.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB II_932611218.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB III_932611218.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB IV_932611218.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V_932611218.pdf Download (192kB) |
|
Text
LAMPIRAN_932611218.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932611218_suratpernyataan.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuriana, Alif Kurotin. 2022. Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Disertai Spinning Game Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas IV SD Aisyiyah Nganjuk. PGMI, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd dan Choirul Annisa, M.Pd; Kata Kunci : Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Motivasi Belajar Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan bahwa guru membutuhkan media pembelajaran di dalam kelas untuk menambah motivasi atau semangat belajar peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui Mengetahui bagaimana produk pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif disertai Spinning Game pada pelajaran IPA kelas 4 SD Aisyiyah Nganjuk. (2) Mengetahui bagaimana validitas media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif disertai Spinning Game pada pelajaran IPA kelas 4 SD Aisyiyah Nganjuk. (3) Mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif disertai Spinning Game dalam meningkatkan motivasi belajar IPA kelas 4 SD Aisyiyah Nganjuk. Penelitian ini merupakam penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah PowerPoint Interaktif disertai Spinning Game bagi peserta didik kelas 4 yang berisi materi IPA. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu Ahli Media, Ahli Materi IPA dan Dosen PGMI. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas 4 SD Aisyiyah Nganjuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Angket dan Dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik setelah di terapkannya media PowerPoint Interaktif disertai Spinning Game. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint Interaktif disertai Spinning Game layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil penyebaran angket kepada peserta didik bahwa skor rata-rata yang diperoleh dari uji kelompok besar adalah 80% dengan kategori “Layak”. Sedangkan hasil perolehan penyebaran angket oleh uji kelompok kecil adalah 88,25% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint Interaktif disertai Spinning Game mempunyai kualitas layak untuk diguankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alif Kurotin Nuriana |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 07:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7096 |
Actions (login required)
View Item |