Fadli, Fadli (2022) Implementasi Metode Sorogan Dalam Menguasai Kitab Kuning Di Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Mojoroto Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123018_prabab.pdf Download (638kB) |
|
Text
932123018_bab1.pdf Download (286kB) |
|
Text
932123018_bab2.pdf Download (236kB) |
|
Text
932123018_bab3.pdf Download (147kB) |
|
Text
932123018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
Text
932123018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
932123018_bab6.pdf Download (37kB) |
|
Text
932123018_daftar_pustaka.pdf Download (163kB) |
|
Text
932123018_suratpernyataan.pdf Download (298kB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan tempat untuk menimba ilmu, yang lebih condong pada ilmu-ilmu keagamaan. Pondok pesantren HM Al-Mahrusiyah lirboyo memiliki metode dalam pembelajaran kitab kuning, salah satunya adalah metode sorogan, dimana metode ini dilakukan secara tatap muka dengan sistem bergilir yang langsung dipandu oleh kyai/ustadz, metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning dapat menanamkan sikap percaya diri, rasa tanggung jawab, dan terjalin interaksi antara kyai/ ustadz dimana santri dapat diarahkan atau dibimbing secara langsung dengan tujuan untuk memudahkan dalam memahami kitab kuning tersebut. Metode ini ketika dilaksanakan dengan baik, akan mencetak santri-santri, tidak hanya membaca kitab kuning dengan baik, akan tetapi dapat memahami isi kandungan, dan nahwu shorofnya, dalam pelaksanaannya menggunakan kitab sesuai dengan tingkatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam menerapkan metode sorogan, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pendidik dan solusi mengatasi dalam menerapkan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti meneliti langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan secara ilmiah. Untuk metode penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pimpinan pondok, ustadz dan santri, dan dalam penggumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, reduksi data, display data, analisi data. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam penerapan metode ini adalah meningkatkan penguasaan kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan, menumbuhkan rasa semangat pada diri santri, memahami ilmu nahwu dan shorof, selalu mengaplikasikan ketika membeca kitab. Sedangkan kendala dalam penerapan metode sorogan adalah ketrbatasan waktu, efektif dan efisien. Adapun solusi dalan penerapan metode sorogan adalah membuat absensi siswa, motivasi, evaluasi dan sanksi. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan tambahan dalam penerapan metode sorogan ini yaitu terjadinya hubungan yang harmonis (hubungan erat antara murid dengan Ustadz / Pengajar), membimbing secara maksimal dan mengetahui kualitas snatriny.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fadli Fadli |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:09 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7093 |
Actions (login required)
View Item |