Pola Komunikasi Interpersonal Guru Kepada Anak Penyandang Tunarunggu Siswa SD Di SLB Krida Utama 2 Loceret Kabupaten Nganjuk

Saputri, Dewi Ayu (2022) Pola Komunikasi Interpersonal Guru Kepada Anak Penyandang Tunarunggu Siswa SD Di SLB Krida Utama 2 Loceret Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933500218_Prabab.pdf

Download (746kB)
[img] Text
933500218_Bab 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
933500218_Bab 2.pdf

Download (506kB)
[img] Text
933500218_Bab3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
933500218_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
933500218_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
933500218_Bab6.pdf

Download (283kB)
[img] Text
933500218_daftarpustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

Dewi Ayu Saputri. Dosen Pembimbing: Siti Amanah, M.Si dan Qoidatul Marhummah, Lc., M.Th.I, Pola Komunikasi Interpersonal Guru kepada Anak Penyandang Tunarungu Siswa SD di SLB Krida Utama 2 Loceret Kabupaten Nganjuk. Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022-2023. Kata Kunci: pola, komunikasi interpersonal, guru, anak tunarunggu Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada anak peyandang tunarungu siswa SD dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan untuk anak yang mempunyai keterbatasan pendengaran atau tunarungu tentunya berbeda dengan anak normal pada umumnya. Fokus penelitian ini adalah pola komunikasi interpersonal yang dilakukan guru untuk berkomunikasi dengan anak penyandang tunarungu siswa SD dan bentuk pesan verbal dan nonverbal yang digunakan guru dengan anak penyandang tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan guru dan anak tunarungu di SLB Krida Utama 2 Loceret Kabupaten Nganjuk. Pengamatan, wawancara serta dokumentasi bukti-bukti saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Sumber data sekunder dalam peneltian ini berasal dari bahan referensi yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan untuk tahap akhir. Kesimpulan dalam penelitian adalah proses pembelajaran yang digunakan guru dengan siswa SD SLB Krida Utama 2 Loceret Kabupaten Nganjuk yaitu menggunakan pola komunikasi interpersonal yang mana pembelajaran dilakukan secara tatap muka langsung (primer), penggunaan bahasa yang dilakukan guru kepada anak tunarungu dengan artikulasi pengucapan yang jelas, memberikan semangat, motivasi pembelajaran, kreatifitas, dan ditemukan juga hambatan belajar dikarenakan keterbatasan pendengaran yang dimiliki oleh anak tunarungu dalam berkomunikasi. Bentuk pesan verbal dan nonverbal yang digunakan oleh guru kepada anak peyandang tunarungu di SLB Krida Utama 2 Loceret untuk berkomunkasi menggunakan tulisan dan lisan dalam pesan verbal, sedangkan dalam pesan nonverbal guru menggunakan bahasa isyarat tangan SIBI dan gerakan tubuh

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dewi Ayu Saputri
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:06
Last Modified: 09 Dec 2022 08:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item