Peranan Guru Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an Study Di Sekolah Sampanvithaya Cho-Irong Narathiwat Thailand Ajaran 2020/2021

Masamae, Nurlaila (2022) Peranan Guru Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an Study Di Sekolah Sampanvithaya Cho-Irong Narathiwat Thailand Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139517_pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932139517_bab 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932139517_bab 2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
932139517_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
932139517_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
932139517_bab 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932139517_daftar pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932139517_daftar riwayat hidup.pdf

Download (53kB)
[img] Text
932139517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
932139517_lembar persetujuan publikasi.pdf

Download (120kB)

Abstract

Masamae, Nurlaila,. Dosen Pembimbing Dr. Mu’awanah, M.Pd dan Zakiyatus Shoimah, M. HI, Peranan Guru Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Study Di Sekolah Sampanvithaya Cho-I Rong Narathiwatbthailand Ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Peran, Guru Agama, Kesulitan, Membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang di alami oleh siswa di Sekolah Sampanvithaya Cho-I Rong dalam membaca Al-Qur’an, serta untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekaan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini yaitu siswa Sekolah Sampanvithaya Cho-I Rong. Pengumpulan data diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kesulitan-kesulitan yang dirasakan siswa dalam proses belajar membaca al-Qur’an yaitu: Makharijul huruf, penguasaan ilmu tajwid, tidak mengenal tanda baca. (2) Faktor yang menyebabkan siswa kurang lancar dalam membaca al-Qur’an yakni: siswa kurang minat mempelajari al-Qur’an, kurang motivasi dari keluarga, lingkungan temat tinggal yang kurang mendukung, asal sekolah dan sekolah dasarnya yang kurang mendukung. (3) Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu: guru memberi tugas al-Qur’an selama kurang lebih 5-10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengadakan privat khusus (bengkel perbaikan) bagi siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an, pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurlaila Masamae
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:03
Last Modified: 15 Dec 2022 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item