Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri

Mahnun, Qurin (2022) Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100616_prabab.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932100616_bab1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932100616_bab2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932100616_bab3.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932100616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
932100616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
932100616_bab6.pdf

Download (36kB)
[img] Text
932100616_daftarpustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Salah satu langkah yang diambil oleh SMPN 2 Ngadiluwih dalam meningkatkan kedisiplinan melalui pendidikan akhlak. Di dalam skripsi ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tujuan pendidikan akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri 3) Bagaimana evaluasi pendidikan akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMPN 2 Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, guru BK (Bimbingan dan Konseling) serta beberapa peserta didik SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Tujuan pendidikan akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu untuk membentuk peserta didik agar memiliki pribadi yang baik dan memiliki tanggung jawab 2) Pelaksanaan pendidikan akhlak dilakukan melalui berbagai metode yaitu metode pembiasaan, metode hadiah dan hukuman, metode nasehat dan metode keteladanan. 3) Evaluasi pendidikan akhlak dilakukan dengan cara mengamati sikap disiplin peserta didik, yang salah satunya dapat dilihat pada ketepatan peserta didik dalam mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qurin Mahnun
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:26
Last Modified: 07 Dec 2022 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7066

Actions (login required)

View Item View Item