Motivasi remaja dalam keputusan pembelian produk Distro perspektif konsumsi Islam (studi kasus terhadap konsumen remaja Distro 3Second Kediri)

Firdhausy, Nurfarida (2022) Motivasi remaja dalam keputusan pembelian produk Distro perspektif konsumsi Islam (studi kasus terhadap konsumen remaja Distro 3Second Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931310816_SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931310816_BAB I.pdf

Download (837kB)
[img] Text
931310816_BAB II.pdf

Download (932kB)
[img] Text
931310816_BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
931310816_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
931310816_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
931310816_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Nurfarida_SP.pdf

Download (228kB)

Abstract

Motivsi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Motivasi dibagi menjadi dua yaitu motivasi rasional dan emosional. Motivasi rasional adalah pembelian yang didasarkan oleh kenyataan produk, harga, kualitas, pelayanan, dan promosi. Sedangkan motivasi emosional pembelian berdasarkan cita rasa. Konsumsi merupakan kegiatan menghabiskan atau menggunakan nilai guna suatu barang dan jasa. Konsumsi dalam islam terbatas pada barang dan jasa yang baik dan halal yang sudah disediakan oleh Allah SWT. Prinsip konsumsi islam yang harus diperhatikan ialah prinsip kehalalan, prinsip kebersihan, dan prinsip tidak berlebihan. Distro 3Second merupakan perusahaan bidang fashion retail, yang menawarkan berbagai produk. Motivasi remaja dalam keputusan pembelian produk distro Perspektif konsumsi Islam sangat menarik untuk diteliti, karena pembelian yang dilakukan bisa dibilang secara berulang-ulang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi remaja dalam keputusan pembelian produk Distro 3Second Kediri. 2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi remaja dalam keputusan pembelian produk distro 3Second Kediri jika ditinjau dari konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Leader dan konsumen remaja Distro 3Second Kediri, serta data tambahan berupa dokumen. Dalam menganalisis data penulis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan dua teknik, yaitu: triangulasi dan memperpanjang pengamatan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Motivasi remaja dalam melakukan keputusan pembelian didasarkan pada kualitas produk yang sesuai dengan harganya, desain produk yang limitid, diskon yang diberikan distro,dan rekomendasi dari seseorang. 2) Motivasi remaja dalam melakukan pembelian belum sepenuhnya menerapkan konsumsi islam, karena remaja cenderung mengikuti trend dan mengejar potongan harga yang menyebabkan tingkat konsumtif tinggi dimana hal ini bertentangan dengan konsumsi islam. Namun dari segi motivasi lain remaja dapat dikatakan dalam batas wajar dalam konsumsi sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurfarida Firdhausy
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:06
Last Modified: 15 Dec 2022 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item View Item