Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Nganjuk

Alfandi, Moh. Hilmi Nur (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104817_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104817_bab1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932104817_bab2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
932104817_bab3.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932104817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
932104817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
932104817_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932104817_daftar_pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932104817_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932104817_suratpernyataan.pdf

Download (108kB)

Abstract

MOH. HILMI NUR ALFANDI, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si.dan Eka Sulistyawati, M.Pd.: Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Covid-19.Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran online yang dilaksanakan selama masa pademi Covid-19 di Indonesia, yang dalam pelaksanaanya telah menimbulkan berbagai banyak permasalahan seperti ancaman putus sekolah, penurunan capaian belajar, kendala tumbuh kembang anak serta kekerasan terhadap anak dan belum meratanya akses fasilitas pendukung belajar. Tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 2 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pembelajaran guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemiCovid-19 di MTsN 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di MTsN 2 Nganjuk pada kelas VIII 2 dan VIII 3 yang berjumlah 10 siswa dari kedua kelas tersebut. Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan, metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Nganjuk terdapat tiga tahapan yaitu:persiapan atau perencanaan pembelajaran dimana guru membuat RPP terlebih dahulu agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, pelaksanaan pembelajaran di MTsN 2 Nganjuk menggunakan strategi blended learning yang merupakan gabungan antara pembelajaran online dan offline yang dipadukan menjadi satu, dan evaluasi pembelajaran untuk mengukur sejauh mana siswa paham dengan materi yang disampaikan guru pada saat pembelajaran berlangsung. 2) Adapun faktor Pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yakni adanya sarana protokol kesehatan yang disediakan oleh Madrasah dan adanya pemberian paket kuota internet untuk siswa supaya bisa digunakan untuk mengikuti pembelajaran secara online. Sedangkan faktor penghambat yakni jaringan internet yang kurang bagus sehingga mengganggu guru maupun siswa saat pembelajaran online berlangsung dan waktu yang cukup singkat membuat siswa kurang faham dengan yang disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Hilmi Nur Alfandi
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:03
Last Modified: 24 Nov 2022 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item