Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri

Fatimah, Siti (2022) Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609318_prabab.pdf

Download (804kB)
[img] Text
932609318_bab1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932609318_bab2.pdf

Download (542kB)
[img] Text
932609318_bab3.pdf

Download (514kB)
[img] Text
932609318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
932609318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
932609318_bab6.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932609318_daftarpustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932609318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932609318_suratpernyataan.pdf

Download (346kB)

Abstract

Siti Fatimah, Dosen Pembimbing M. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I : Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa Kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri Kata Kunci : Guru, Nilai-nilai Karakter Permasalahan yang terjadi di SDN Pehkulon Papar Kediri yaitu ada beberapa siswa di kelas 1 yang yang kurang sopan kepada gurunya, berani berkata kotor ketika ada gurunya, kurangnya semangat dalam berkebangsaan yang meliputi ketika membantu teman masih mengharapkan balasan, masih mementingkan diri sendiri diatas kepentingan orang lain, serta kurangnya sikap kedisiplinan pada siswa yang masih sering terlambat datang ke sekolah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri?; 2) Bagaimana upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter semangat kebangsaan pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri?; dan 3) Bagaimana upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Papar Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa 1)Upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Kediri dilakukan dengan penanaman nilai keimanan; mengajak berdoa sebelum pelajaran dan persiapan pulang; memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan praktek shalat berjamaah; membiasakan berkata jujur; serta membiasakan bertanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan; 2) Upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter semangat kebangsaan pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Kediri dilakukan dengan cara melaksanakan upacara bendera setiap seninnya; menanamkan jiwa kepemimpinan yakni sebelum masuk kelas baris di depan kelas yang dipimpin oleh ketua kelas; melaksanakan perlombaan sebagai peringatan hari kemerdekaan; dan melaksanakan karnaval yang diikuti oleh seluruh warga sekolah beserta orangtua siswa; dan 3) Upaya guru kelas dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin pada siswa kelas 1 SDN Pehkulon Kediri dengan memberi contoh dan memotivasi para siswa untuk selalu datang ke sekolah dengan tepat waktu dan menegakkan hukuman (punishment) dengan maju kedepan kemudian menyebutkan alasan keterlambatan datang ke sekolah dan membaca doa dengan suara yang keras.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:05
Last Modified: 23 Nov 2022 07:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item