Implikasi Pelaksanaan Zonasi Dalam Pemerataan Peserta Didik Baru Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus SMPN 1 Ngadiluwih)

Lutfiyah, Diana Aisyatul (2022) Implikasi Pelaksanaan Zonasi Dalam Pemerataan Peserta Didik Baru Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus SMPN 1 Ngadiluwih). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113718_prabab.pdf

Download (729kB)
[img] Text
932113718_bab1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932113718_bab2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932113718_bab3.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932113718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
932113718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
932113718_bab6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
932113718_daftarpustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
932113718_suratpernyataan.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK DIANA AISYATUL LUTFIYAH, Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M.Ag dan M. Nabil Khasbulloh, M. Pd. Implikasi Pelaksanaan Zonasi Dalam Pemerataan Peserta Didik Baru Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus SMPN 1 Ngadiluwih) Program Study Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Pelaksanaan zonasi, pemerataan, peningkatan kualitas pendidikan Zonasi merupakan sistem penerimaan peserta didik baru yang diberlakukan dengan penentuan radius zona oleh pemerintah daerah masing-masing dan sekolah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dengan presentasi tertentu dari total jumlah peserta didik yang akan diterima. Maka peneliti mencoba untuk melakukan penelitian Implikasi Pelaksanan Zonasi Dalam Pemerataan Peserta Didik Baru Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan sistem zonasi dalam pemerataan peserta didik baru dan peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 1 Ngadiluwih?, (2) Bagaimana dampak pelaksanaan zonasi dalam pemerataan peserta didik baru dan peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 1 Ngadiluwih?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan sistem zonasi dalam pemerataan peserta didik baru dan peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 1 Ngadiluwih. (2) Untuk mengetahui dampak pelaksanaan zonasi dalam pemerataan peserta didik baru dan peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah analisis deskriptif. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan data atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan realita. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Pelaksanaan zonasi yang diterapkan oleh SMPN 1 Ngadiluwih sudah maksimal, hail ini didukung dengan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru yang dilakukan di SMPN 1 Ngadiluwih sudah baik dan dibikin se simple mungkin untuk memudahkan para siswa pendaftar dan orang tua. 2) Dampak dari pelaksanaan zonasi terdapat dua dampak yakni dampak positif dan negatif. Dampaknya yaitu bercampunya siswa dengan bergam kemampuan dalam suatu kelas, akibatnya guru harus menyesuaikan diri agar semua siswa mampu menerima pelajaran baik siswa pintar maupun kurang pintar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Aisyatul Lutfiyah
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:30
Last Modified: 21 Nov 2022 07:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6894

Actions (login required)

View Item View Item