Strategi Promosi Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Toko Fairis.id Mojokerto)

Rahmawati, Suhaela (2022) Strategi Promosi Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Toko Fairis.id Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931309118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931309118_bab1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
931309118_bab2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
931309118_bab3.pdf

Download (122kB)
[img] Text
931309118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
931309118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
931309118_bab6.pdf

Download (83kB)
[img] Text
931309118_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Promosi, Penjualan Strategi adalah cara ataupun taktik yang dijalankan untuk mempertahakan usaha jangka panjang perusahaan dan apabila memungkinkan dapat mengalahkan para pesaing lainnya. Strategi promosi diperlukan perusahaan dalam memperkenalkan produk/jasa ke khalayak masyarakat sehingga banyak yang mengetahui tentang produk/jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Fairis.id merupakan toko yang berjualan produk fashion daily wear yang dijualnya melalui online dan juga offline. Untuk meningkatkan penjualan, Fairis.id menerapan beberapa strategi promosi yang efektif. Jadi dalam penelitian ini peneliti fockus pada tujuan yaitu (1) mengetahui strategi promosi Fairis.id melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk dan (2) mengetahui strategi promosi Fairis.id melalui media sosial dengan perspektif ekonomi islam untuk meningkatkan penjualan produk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian jenis deskriptif. Sumber data penelitian dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan Fairis.id yakni owner/pemilik Fairis.id dan karyawan dari Fairis.id, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam rangka meningkatkan penjualan, owner Fairis.id menerapkan strategi promosi. (1) Strategi promosi yang diterapkan diantaranya melalui periklanan, Fairis.id melakukan kegiatan live streaming secara rutin di media sosial dan marketplace setiap hari senin-sabtu pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB dengan aktivitas seperti review produk, menjelaskan secara detail tentang produk, melakukan pembelian pada saat live rutin. Selain itu, Fairis.id juga melakukan kegiatan iklan ads dan endorse di media sosial untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan lebih luas lagi. Sedangkan melalui promosi penjualan, Fairis.id mengikuti pameran untuk memperkenalkan produknya serta melakukan potongan harga untuk pembelian online di media social dan marketplace sebanyak 10-12% dan juga potongan harga kodi untuk reseller/dropshipper di whatsapp. (2) Strategi promosi yang diterapkan juga sesuai dengan prinsip promosi ekonomi dalam islam. Yang pertama periklanan, dimana prinsip ekonomi islamnya adalah benar dan jujur sesuai dengan teori KSF (Key Succes Factors) yaitu shiddiq yang berarti benar dan jujur. Dan untuk promosi penjualan prinsip ekonomi islamnya adalah kepercayaan/dapat dipercaya yang mana juga masuk di teori KSF yaitu amanah yang berarti dapat dipercaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Suhaela Rahmawati
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:51
Last Modified: 22 Nov 2022 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item