Nafiah Z, Khoirun (2022) Analisis Muatan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Epistemologi Islam Di MAN 2 Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101418013_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101418013_bab1.pdf Download (604kB) |
|
Text
92101418013_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101418013_bab3.pdf Download (573kB) |
|
Text
92101418013_bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92101418013_bab5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
|
Text
92101418013_bab6.docx.pdf Download (316kB) |
|
Text
92101418013_daftarpustaka.pdf Download (417kB) |
|
Text
92101418013_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Epistemologi Islam merupakan kumpulan prinsip dan kaidah yang dijadikan dasar atau pegangan seseorang dalam memperoleh dan mencari asal serta menggali ilmu pengetahuan tentang Islam. Untuk merespon kemajuan zaman dan kompleksitas isu yang dihadapi oleh umat manusia, khususnya masyarakat Muslim. Diperlukannya penanganan sejak dini pada dunia pendidikan dengan menguatkan bangunan epistemologi pengetahuannya selama proses pembelajaran agama Islam. Dengan harapan tercetakya generasi yang memiliki keimanan yang kokoh, akhlak yang mulia serta karakter keilmuan yang kuat melalui mata pelajaran akidah akhlak. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan muatan mata pelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum 2013 di MAN 2 Kota Kediri serta untuk menganalisis epistemologi Islam yang digunakan dalam menyusun muatan mata pelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Muatan mata pelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum 2013 di MAN 2 Kota Kediri terdiri dari 3 dimensi capaian yaitu kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan serta ketrampilan. Kompetensi sikap dibentuk melalui aktivitas menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi pengetahuan dibentuk melalui aktivitas memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural. Serta kompetensi ketrampilan diperoleh melalui aktivitas mengolah, menalar dan menyajikan dalam ranah konkrit. Semua kompetensi tersebut dicapai dengan pendekatan saintifik. 2) Muatan keilmuan mata pelajaran akidah akhlak kelas XII jenjang IPA dan IPS dengan jumlah 36 kompetensi dasar pada sembilan materi pokok bahasan, menunjukkan epistemologi bayani yang digunakan dalam mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebesar 78%. Epistemologi irfani yang digunakan untuk mencapai 3 jenis kompetensi tersebut sebesar 68%. Epistemologi burhani yang digunakan dalam mencapai 3 ranah kompetensi tersebut sebesar 100%. Sehingga, dari 9 materi pokok bahasan yang telah memenuhi ketiga bangunan epistimologi bayani, irfani dan burhani berjumlah 16 kompetensi dasar atau 4 bab, sedangkan muatan mata pelajaran yang tersusun dari epistemologi bayani burhani berjumlah 12 kompetensi dasar atau 3 bab, serta muatan mata pelajaran yang tersusun dari epistemologi burhani dan irfani berjumlah 8 kompetensi dasar atau 2 bab. Untuk memaksimalkan penggunaan bangunan epistemologi dalam muatan mata pelajaran tersebut diperlukan adanya usaha lebih dari pendidik dibidang keilmuan, sehingga menghasilkan inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di zaman sekarang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoirun Nafiah Z |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 02:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6860 |
Actions (login required)
View Item |