Lukman hakim, Lukman (2022) Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Kelas XI MIPA Di MA Ma'arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113315_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932113315_bab1.pdf Download (192kB) |
|
Text
932113315_bab2.pdf Download (230kB) |
|
Text
932113315_bab3.pdf Download (185kB) |
|
Text
932113315_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
932113315_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
932113315_bab6.pdf Download (218kB) |
|
Text
932113315_daftarpustaka.pdf Download (170kB) |
Abstract
ABSTRAK LUKMAN HAKIM, Dosen Pembimbing M. Alim Khoiri, S.H.I.M.Sy. dan H. Saifullah, M.Ag. Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Self Control Siswa Kelas XI MIPA di MA Ma’arif Udanawu Blitar, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Guru Akidah Akhlak, Self Control, Siswa kelas XI Masalah kenakalan remaja dewasa ini semakin dirasakan meresahkan masyarakat, baik di negara-negara maju maupun berkembang, salah satunya yang terjadi di MA Ma’arif Udanawu Blitar, yakni peserta didik tidak patuh peraturan yang diberikan oleh pihak Madrasah, seperti merokok ketika istirahat, tawuran setelah pulang sekolah, pergaulan bebas, pacaran dan lain sebagainya. Guru aqidah akhlak mengupayakan mengedepankan pendidikan moral agar peserta didiknya menjadi pribadi dan contoh yang baik sekolah lain dan harapanya yaitu berprestasi. Salah satu upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dengan melakukan upaya menanamkan Self Control pada diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan metode triangulasi data Sedangkan untuk memperoleh keabsahan temuan menggunakan metode reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan Self control terhadap siswa kelas XI didik MA Maarif Udanawu Blitar ialah dengan kontrol perilaku (behavioral control), kontrol kognitif (cognitive control) dan kontrol keputusan (decisional control). Faktor pendukung yang dilakukan Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan Self control terhadap siswa kelas XI di MA Maarif Udanawu Blitar di antaranya siswa itu sendiri dan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga dan masyarakat. Kondisi siswa kelas XI MIPA setelah adanya Self control oleh Guru Aqidah Akhlak di MA Maarif Udanawu Blitar pada dasarnya kondisinya kurang baik, karena siswa belum bisa mengontrol dirinya, akan tetapi setelah beberapa upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak siswa sudah mengalami beberapa perubahan terutama dalam sikap. Siswa sekarang lebih bisa mengenali dan mengkonsikan dalam menentukan sesuatu, karena mereka mulai sadar yang sebentar lagi masuk ke kelas XII.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lukman Hakim |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 06:53 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 06:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6835 |
Actions (login required)
View Item |