Diantik, Dini Nur (2022) Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Peluang Bernuansa Penyelidikan Di SMA Negeri 2 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932305818_prabab.pdf Download (656kB) |
|
Text
932305818_bab1.pdf Download (392kB) |
|
Text
932305818_bab2.pdf Download (297kB) |
|
Text
932305818_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932305818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932305818_bab5.pdf Download (23kB) |
|
Text
932305818_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
Abstract
Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Bernuansa Penyelidikan di SMA Negeri 2 Pare, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, Bernuansa Penyelidikan Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Proses pemecahan masalah siswa dapat dianalisis menggunakan kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif merupakan sebuah pengetahuan dan kontrol kegiatan belajar peserta didik, sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang dalam memecahkan masalah. Aktivitas metakognitif yang digunakan meliputi metacognitive awareness, metacognitive regulation, dan metacognitive evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah peluang bernuansa penyelidikan berdasarkan kemampuan matematika tingkat tinggi, sedang, rendah di SMA Negeri 2 Pare. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, yang dilakukan bersamaan dengan think aloud, wawancara. Sumber data penelitian ini adalah hasil kerja siswa dalam pemecahan masalah peluang bernuansa penyelidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan aktivitas metakognitif yang digunakan subjek dalam pemecahan masalah. Subjek berkemampuan matematika tingkat tinggi mampu dalam menggunakan metacognitive awareness, dan metacognitive evaluation serta metacognitive regulation dalam pemecahan masalah. Pada tahap memahami masalah subjek tinggi menggunakan mampu mengembalikan jawaban pada tujuan utama yang terdapat pada soal yang bernuansa penyelidikan. Subjek berkemampuan matematika tingkat sedang menunjukkan bahwa aktivitas yang digunakan adalah aktivitas metacognitive awareness, dan metacognitive evaluation (namun tidak pada semua soal) serta metacognitive regulation. Subjek sedang mampu mengembalikan jawaban pada tujuan utama yang terdapat pada soal yang bernuansa penyelidikan. Namun subjek pernah melakukan kesalahan, karena lupa tidak memberikan kesimpulan akhir pada jawaban. Subjek berkemampuan matematika tingkat rendah menunjukkan bahwa aktivitas yang digunakan baik aktivitas metacognitive awareness, metacognitive evaluation serta metacognitive regulation belum semua terpenuhi dengan baik, dikarenakan digunakan subjek kurang dalam memahami masalah sehingga menjadikan subjek tidak pernah memberikan kesimpulan pada akhir jawaban.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Dini Nur Diantik |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 06:38 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 06:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6829 |
Actions (login required)
View Item |