Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Miftahul Mubtadi'in Islamiyah Margosari Banyakan Kediri

Naja, Faurelin Zakiyatun (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Miftahul Mubtadi'in Islamiyah Margosari Banyakan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932401218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932401218_bab1.pdf

Download (583kB)
[img] Text
932401218_bab2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932401218_bab3.pdf

Download (492kB)
[img] Text
932401218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932401218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
932401218_bab6.pdf

Download (345kB)
[img] Text
932401218_daftarpustaka.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932401218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932401218_lembarpernyataan.pdf

Download (190kB)

Abstract

Strategi kepala sekolah di sebuah institusi pendidikan berkaitan erat dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Terwujudnya sumber daya manusia tenaga pendidik yang berkualitas seperti yang diharapkan tujuan pendidikan nasional merupakan tugas dan tanggung jawab sekolah atau madrasah terutama dalam menciptakan peserta didik yang unggul dalam aspek intelektual, emosional, spiritual, kreativitas, moral dan profesional. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian yang membahas mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Miftahul Mubtadi’in Islamiyah Margosari Banyakan Kediri. Fokus dalam penelitian ini meliputi 1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Mi Miftahul Mubtadi’in Islamiyah Margosari Banyakan Kediri, 2) implementasi peningkatan kinerja guru di MI Miftahul Mubtadi’in Islamiyah Margosari Banyakan Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui sumber primer yang meliputi Kepala Sekolah, Waka serta guru-guru disekolah, sedangkan sumber data sekunder meliputi dokumentasi-dokumentasi pada saat pelaksanaan wawancara antara lain jadwal tempat dan pelaksanaan KKG, undangan diklat ataupun seminar, sertifikat serta dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data melalui wawancara, observasi, maupun studi dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data yang digunakan meliputi meningkatkan ketekunan, triangulasi, serta menggunakan bahan referensi.Hasil penelitian menunjukkan, dalam pelaksanaan peningkatan kinerja guru di MI Miftahul Mubtadi’in Islamiyah Banyakan Kediri, strategi yang digunakan oleh Kepala Sekolah ditempuh melalui beberapa cara, antara lain pada strategi internal ditempuh melalui 1) pembinaan kedisplinan dilaksanakan dengan kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap absensi guru serta pendisiplinan pada perangkat pembelajaran 2) pengendalian dan pengawasan kinerja guru dilakukan dengan melakukan supervisi kepala sekolah dan melaksanakan evaluasi secara rutin, 3) membangun komitmen dengan memberikan motivasi kepada guru serta meningkatkan minat guru sebagai pendidik, 4) pemberian reward dan punishment, pemberian reward dengan memberikan insentif kepada guru dan punishment dengan melakukan teguran yang bersifat personal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faurelin Zakiyatun Naja
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:11
Last Modified: 07 Nov 2022 03:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item