Pengaruh metode eja terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar islam nahdlatul ulama pare

Azizi, Irma (0022) Pengaruh metode eja terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar islam nahdlatul ulama pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932601618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932601618_bab 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
932601618_bab 2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932601618_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
932601618_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
932601618_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
932601618_bab 6.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932601618_daftar pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDI NU PARE. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah metode eja. Didasari asumsi bahwa metode eja ini dapat membantu peserta didik menguasai kalimat kalimat yang diajarkan dengan cepat sekaligus memberikan laporan tentang kedalaman pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eja terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDI NU PARE, dan mengetahui bagaimana pengaruh metode eja terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDI NU PARE. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian disini menggunakan teknik eksperimental. Yaitu Quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pada design ini terdapat pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini 1) Penerapan Metode Eja di Kelas 1 SDI NU PARE, adalah sebagai berikut : Dalam pembelajaran metode eja ini pembelajaran dilaksanakan tiap 2 sampai 3 kali dalam satu minggu, di sesuaikan dengan buku tematik ketika terdapat pembelajaran Bahasa Indonesia, khusus anak yang masih ada terlambat dari temannya yang lain biasanya akan ada pendampingan ketika kelas kosong, untuk langkah – langkah nya, Guru memperkenalkan huruf secara alfabetis, dilanjutkan dengan Siswa melafalkan sesuai dengan bunyi abjad, Siswa menulis lambang tulisan a, b, c, dst, Guru melanjutkan ke suku kata seperti, B – A = BA R – U = RU, Lanjutan pada pengenalan kalimat sederhana, perangkaian huruf, menjadi suku kata, kata menjadi kalimat, dan yang terakhir Pendampingan orang tua. 2) Pengaruh Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan yakni Penelitian ini dilakukan pada 50 siswa kelas 1 SDI NU PARE, populasi terdiri dari 3 kelas, kemudian dilakukan teknik simple random sampling diperoleh kelas I A sebagai kelas eksperimen dan I B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang gunakan yaitu tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t. Hal ini ditunjukan dengan nilai sig< α = 0.05 )0.000<0,05( dan thitung > ttabel (–16.485 >2.093) menunjukkan bahwa H0 di tolak artinya terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah menerapkan metode eja di kelas awal pada peserta didik SDI NU PARE.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irma Azizi
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:05
Last Modified: 04 Nov 2022 02:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item