Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning Di SMKN 1 Kras

Masrukin, Azis (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning Di SMKN 1 Kras. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932144115_prabab.pdf

Download (628kB)
[img] Text
932144115_bab1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932144115_bab2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932144115_bab3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932144115_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
932144115_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
932144115_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932144115_daftarpustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932144115_suratpernyataan.pdf

Download (324kB)

Abstract

ABSTRAK Moch Azis Masrukin, Dosen Pembimbing 1) Iskandar Stani, S.Ag, M.Ag.dan 2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agam Islam berbasis Blended Learning Di SMKN 1 Kras. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2022 Kata Kunci: Teknologi, Blended Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan, yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Blended Learning; (3) Dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning terhadap minat belajar kelas XI di SMKN 1 Kras. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menempuh tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran blended learning dianggap paling efektif dalam pembelajaran bagi kelas XI. Karena peserta didik masih dalam masa PKL selama satu semester, jadi pelaksanaan pembelajaran secara online atau daring, Untuk pelaksanaan pembelajaran daring disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran dan tentunya dilakukan di rumah masing-masing. Pada dasarnya pembelajaran daring sistemnya peserta didik belajar mandiri, dengan demikian pendidik menyampaikan materi sekilas secara virtual dengan menggunakan aplikasi google meet, via e-learning SMKN 1 Kras sebagai pemberian materi dan untuk mengkoordinasi peserta didik agar pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya, pendidik membuat group kelas melalui aplikasi Whatsapp.(2) Adapun faktor pendukung blended learning adalah berbagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencari materi dari banyak sumber dan penghambat pelaksanaan pembelajaran blended learning sebagian besar terletak pada pembelajaran daring, yaitu : koneksi internet dan pembelajaran mandiri. (3) Karena peserta didik belajar secara mandiri dan selalu penugasan menjadikan Intensitas minat belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Aziz Masrukin
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:09
Last Modified: 07 Nov 2022 04:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item