Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri

Nadhiroh, Yulsiva Anissatun (2022) Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141518_prabab.pdf

Download (989kB)
[img] Text
932141518_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9321415_bab2.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932141518_bab3.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932141518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
932141519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
932141518_bab6.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932141518_daftarpustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
93214315_suratpernyataan.pdf

Download (164kB)

Abstract

Nadhiroh, Yulsiva Anissatun, (2022). Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si dan Sufirmansyah, M.Pd.I : INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII MTS RAUDLATUT THALABAH KEDIRI. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Kata Kunci : Intensitas, TikTok, dan Religius TikTok merupakan sosial media yang berbasis video dan memungkinkan siapa saja untuk dapat mengunggah videonya di aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi ini banyak sekali konten dari remaja dan dewasa maupun orang tua. Akhir-akhir ini yang menjadi masalah adalah konten demoralisasi tentang gaya berpacaran anak remaja zaman sekarang. Contohnya konten berciuman dan merangkul dengan lawan jenis yang bukan mahromnya, hal ini sering kali menjadi sorotan dan seringkali ditampilkan menjadi FYP (For Your Page) hal ini meresahkan apabila yang menjadi pengguna TikTok tersebut adalah remaja dan anak-anak yang masih dalam tahap mencari jati dirinya, sehingga konten-konten tersebut menjadi contoh dalam kehidupan dan mewajarkan konten yang tidak seharusnya dilihat. Sehingga hal ini bila menjadi konten yang konsumsi terus menerus akan membuat degradasi moral dan tergerusnya nilai religius yang ada pada pada usia remaja awal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana intensitas penggunaan aplikasi TikTok pada siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri, 2) mengetahui karakter religius siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri, 3) mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap karakter religius siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 dengan sampel 62 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah intensitas TikTok disusun berdasarkan teori Imitasi dari Albert Bandura sedangkan instrumen Karakter Religius disusun berdasarkan teori Glock dan Stark Penelitian jumlah sampel menggunakan rumus Isaac and Michael. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) intensiytas penggunaan aplikasi TikTok pada kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah memiliki nilai rata-rata sebesar 60,10 yang masuk dalam interval 59-66 sehingga masuk dalam kategori tinggi, 2) Karakter Religius siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri memiliki rata-rata sebesar 86,39 sehingga bila dikategorisasikan masuk ke dalam kategori sangat tinggi, 3) Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap karakter religius siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah tidak terspaat pengaruh yang signifikan, intensitas penggunaan TikTok mampu mempengaruhi religiusitas siswa hanya sebesar 3,2% sedangkan 96,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulsiva Anissatun Nadhiroh
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:49
Last Modified: 28 Oct 2022 08:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6683

Actions (login required)

View Item View Item