Aris S, Nunuk (2022) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sman 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134615_prabab.pdf Download (692kB) |
|
Text
932134615_bab1.pdf Download (191kB) |
|
Text
932134615_bab2.pdf Download (224kB) |
|
Text
932134615_bab3.pdf Download (189kB) |
|
Text
932134615_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
932134615_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
932134615_bab6.pdf Download (45kB) |
|
Text
932134615_daftar_pustaka.pdf Download (170kB) |
|
Text
932134615_SuratPernyataan.pdf Download (197kB) |
Abstract
ABSTRAK NUNUK ARIS SRIATIN, NIM: 932134615, Dosen Pembimbing Dr. Muhamad Yasin, M.Pd dan Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Kata Kunci: Perpustakaan, Sekolah, Minat Baca, Siswa Membaca merupakan tujuan utama untuk mendapatkan informasi agar mempunyai wawasan baru. Membaca sangatlah penting unuk dijadikan pembiasaan. Namun dengan berjalannya perkembangan teknologi minat pembaca buku sangatlah kurang. Maka perlulah tindakan-tindakan untu menumbuhkan pembiasaan literasi utamanya dilingkungan sekolah dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat minat baca siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. 3) Bagaimana solusi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis dari penelitian ini adalah studi kasus. Data dapat diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi, penyajian lalu menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan tahap-tahap penelitian dalam peneliti ini yaitu: Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap penulisan laporan. Bahwa berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, 1) Bahwa pemanfaatan perpustakaan di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur kurang ada dorongan untuk siswa agar terbiasa dengan kegiatan literasi, mereka datang ke perpustakaan hanya bermain dengan permainan yang sudah disediakan di perpustakaan, rebahan dan bergurau dengan teman. 2) Bahwa faktor pendukung dan penghambat minat baca siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur sudah termasuk baik. Bisa dilihat antusias mereka untuk datang ke perpustakaan sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari daftar kunjung siswa ke perpustakaan setiap harinya ada 50 siswa. 3) Bahwa solusi pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca yaitu dengan cara mengadakan program literasi yang berupa mengadakan literasi al-Quran setiap pagi sebelum dimulainya pembelajaran, setiap siswa harus memiliki buku pendamping materi saat mengikuti pemebelajaran di kelas, pengadaan laporan baca yaitu dengan siswa memiliki buku catatan rangkuman dari buku yang sudah dibaca dari perpustakaan yang sesuai dengan materi yang sudah diajarkan guru didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nunuk Aris Sriatin |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 07:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 07:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6679 |
Actions (login required)
View Item |