Amaliah, Kholidatul (2022) Tradisi Membaca QS. Al-A'la Ayat 6 Dan 7 Di Pondok Pesantren Putri Al-Hikmah Purwoasri Perspektif Interaksionisme Simbolik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933803118_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933803118_bab1.pdf Download (395kB) |
|
Text
933803118_bab2.pdf Download (559kB) |
|
Text
933803118_bab3.pdf Download (205kB) |
|
Text
933803118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
Text
933803118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
933803118_bab6.pdf Download (183kB) |
|
Text
933803118_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
933803118_suratpernyataan.pdf Download (347kB) |
Abstract
‘Amaliah, Kholidatul. Dosen Pembimbing Dr. Khaerul Umam, S.HI, M.Ud dan Dr. Masrul Anam, MA.. Tradisi Membaca QS. al-A’la> Ayat 6 dan 7 di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Perspektif Interaksionisme Simbolik. Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. 2022. Kata Kunci: Tradisi, QS. al-A’la> Ayat 6 dan 7, Interaksionisme Simbolik, Tradisi membaca QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 merupakan salah satu tradisi yang ada di Pondok Pesantren Putri al-Hikmah Purwoasri. Tradisi tersebut biasa dilakukan pada saat selesai mengaji sebagai doa penutup yang memiliki makna agar tidak melupakan semua ilmu yang telah diterima. Pembacaan QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 masih belum banyak diketahui oleh orang padahal memiliki makna dan tujuan yang bagus. Tradisi membaca QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 ini penulis kaitkan dengan teori interaksionisme simbolik. Teori interaksionisme simbolik adalah sebuah teori yang membahas mengenai aktivitas manusia yang saling berkomunikasi atau melakukan pertukaran simbol dan diberi makna. Simbol dan makna merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dari tradisi pembacaan QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 serta untuk mengetahui interaksionisme simbolik yang ada dalam tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari pengasuh, guru, santri dan alumni dari Pondok Pesantren Putri al-Hikmah Purwoasri, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa praktik membaca QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 di Pondok Pesantren Putri al-Hikmah Purwoasri dapat dibagi menjadi dua, yakni yang dilakukan secara bersama-sama dengan Nyai Masyhudah Zaini setiap hari Rabu malam dengan urutan bacaan s}adaqa Alla>hu al-‘az}i>m dan QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 dan pembacaan yang dilakukan secara berkelompok oleh 8-12 santri dengan satu guru pembimbing setiap hari kecuali hari Rabu malam dan Kamis malam dengan urutan bacaan yang berbeda-beda tiap kelompok sesuai dengan guru yang membimbing. Kemudian, proses interaksionisme simbolik yang ada pada tradisi membaca QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 di Pondok Pesantren al-Hikmah Purwoasri adalah pengasuh, guru, santri dan alumni melakukan pertukaran simbol berkaitan dengan tradisi pembacaan QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 serta memberikan pemaknaan terhadap ayat tersebut. Pemaknaan yang mereka berikan juga berbeda-beda, tapi ada satu hal yang sama diantara perbedaan tersebut. Selain itu, dalam tradisi membaca QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 juga dapat diketahui bahwa sebelum melakukan tindakan terhadap QS. al-A’la> ayat 6 dan 7 yang telah diterima terdapat 4 tahapan yang terjadi, yaitu impulse, perception,manipulation, serta consummation.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Kholidatul Amaliah |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6648 |
Actions (login required)
View Item |