Implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Al-Fatahiyah Tanjungkalang Ngronggot Nganjuk

Fauzi, M. Nazilul Amal (2022) Implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Al-Fatahiyah Tanjungkalang Ngronggot Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102615_prabab.pdf

Download (780kB)
[img] Text
932102615_bab1.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932102615_bab2.pdf

Download (696kB)
[img] Text
932102615_bab3.pdf

Download (467kB)
[img] Text
932102615_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
932102615_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
932102615_bab6.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932102615_daftar_pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
fauzi.pdf

Download (36kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat di seluruh plosok dunia, termasuk di Indonesia. Dan kemungkinan perkembangan manusia itu sendiri. Situasi dan kondisi semacam itu akan membawa perubahan fisik maupu pola piker manusia yang selain berdampak positif juga berdampak negatif. Di sisi lain, kecenderungan orang tua lebih memprioritaskan pendidikan formal di sekolah, sehingga waktu untuk anak baik di sekolah maupun di rumah hamper habis untuk kegiatan tersebut. Dari kenyataan tersebut model pembelajaran dan pendidikan keagamaan harus di rumuskan sesuai dengan realita yang ada. Pada akhirnya Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Tulungagung bersama dengan para kiyai dan para ahli bidang pengajaran Al-Qur’an serta tokoh-tokoh pendidikan merumuskan metode pembelajaran Al-Qur’an di lingkungan NU (nahdliyin), yaitu yang diberi nama “Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah” dilakukan pada akhir tahun 1990. Dari uraian diatas, maka fokus dan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MADIN Al-Fatahiyah; (2) Pelaksanaan Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MADIN Al-Fatahiyah; (3) Evaluasi Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MADIN Al-Fatahiyah. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pola pendekatan Kualitatif (quality research) instrument pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Nazilul Amal Fauzi
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:41
Last Modified: 27 Oct 2022 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item