Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula Di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri

Hamidah, Nazilia (2022) Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula Di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932142918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932142918_bab1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932142918_bab2.pdf

Download (621kB)
[img] Text
932142918_bab3.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932142918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
932142918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
932142918_bab6.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932142918_daftarpustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

NAZILIA HAMIDAH, Dosen Pembimbing Saifullah, M.Ag dan Sheila Fakhria, M.H, Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Kemampuan, Pembelajaran Ilmu Tajwid, Membaca al-Qur’an SD Plus Sunan Ampel adalah lembaga Pendidikan Swasta, meskipun masih di jenjang Sekolah Dasar banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca al-Qur’an, terlebih lagi persoalan pembelajaran ilmu tajwid. Yang menarik dari penelitian ini di dalam pembelajaran al-Qur’annya, peserta didik masuk kelas sesuai dengan kemampuannya masing-masing dalam membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran ilmu tajwid pada siswa kelas al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel, untuk mendiskripsikan metode dalam pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel, untuk mengetahui faktor pendukung dan menyelesaikan hambatan-hambatan serta solusi dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis melakukan kegiatan yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada ustadz dan ustadzah yang mengajar al-Qur’an dan peserta didik yang belajar al-Qur’an. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran ilmu tajwid di kelas al-Qur’an Pemula SD Plus Sunan Ampel tersebut. Dan kegiatan dokumentasi yang diperlukan adalah profil dan pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid pada siswa kelas al-Qur’an pemula di SD Plus Sunan Ampel, serta pelaksanaan kegiatan wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Pembelajaran Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri meliputi; a) Perencanaan menentukan silabus, tujuan, dan indikator pembelajaran, menentukan kelas sesuai kemampuan peserta didik, waktu pelaksanaan, penataan ruang kelas, media pembelajaran.; b) Pelaksanaan salam dan do’a pembuka, muraja’ah, membaca al-Qur’an, materi tajwid, baca sima’, do’a penutup dan salam; c) Evaluasi harian dan evaluasi semester; 2) Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri meliputi; a) metode ceramah; b) metode tanya jawab: c) metode demonstrasi; 3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat serta Solusi dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas Al-Qur’an Pemula di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri; a) Faktor pendukung; kemauan keras pendidik dan minat siswa; b) Faktor penghambat; ramai, belum lancar membaca dan perbedaan pemahaman, tidak mau bertanya; c) Solusi; memberikan penegasan, mengadakan diskusi kecil, melakukan pendekatan pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazilia Hamidah
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:52
Last Modified: 25 Oct 2022 07:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item