Konsep Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy'ari Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim

Fathoni, M. Alfan (2022) Konsep Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy'ari Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106618_prabab.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932106618_bab1.pdf

Download (734kB)
[img] Text
932106618_bab2.pdf

Download (610kB)
[img] Text
932106618_bab3.pdf

Download (752kB)
[img] Text
932106618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
932106618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
932106618_daftarpustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
32106618_daftarlampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932106618_ persetujuanpublikasi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan bukan hanya menghasilkan manusiamanusia yang hanya mengedepankan kecerdasan otaknya melainkan menghasilkan manusia yang cerdas secara intelektual dan spiritual. Di zaman yang serba modern saat ini kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan masalah akhlak dan moral, maka pendidikan karakter sangat berperan dalam merubah pola fikir masyarakat yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan adanya kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim yang di dalamnya terdapat kandunagan nilai-nilai pendidikan karakter dapat dalam mencetak generasi yang memiliki pribadi yang baik dan berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim peneliti menganalisis konsep pendidikan karakter di dalamnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana biografi KH. Hasyim Asy’ari pengarang kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim? Apa saja pendidikan karakter pada pelajar dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim? Apa saja pendidikan karakter pada guru dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim?

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Alfan Imam Fathoni
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:56
Last Modified: 24 Oct 2022 07:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item