Aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li Assunnah An-Nabawiyyah Sebagai Media Penguatan Materi PAI (Studi Kasus Santri Program Studi PAI di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren)

Nafi'ah, Istiana Malikatin (2021) Aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li Assunnah An-Nabawiyyah Sebagai Media Penguatan Materi PAI (Studi Kasus Santri Program Studi PAI di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130217_prabab.pdf

Download (665kB)
[img] Text
93213021_bab1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
93213021_bab2.pdf

Download (182kB)
[img] Text
93213021_bab3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
93213021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
93213021_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
93213021_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
93213021_daftarpustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

ISTIANA MALIKATIN NAFI’AH, Dosen Pembimbing SYAMSUL HUDA dan MUKHAMMAD LUQMAN HAKIM, Aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li As-Sunnah An-Nabawiyyah sebagai Media Penguatan Materi PAI (Studi Kasus Santri Program Studi PAI di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Materi PAI, Media, Bentuk Pembelajaran Proses pembelajaran materi PAI oleh santri program studi PAI di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren memiliki ruang lingkup yang luas. Ruang lingkup materi PAI sendiri bukan hanya sekedar sebuah pemahaman secara kognitif saja yang harus dikuasai oleh santri, namun implementasi materi PAI sangatlah global. Perbedaan praktek implementasi materi PAI setiap santri dipengaruhi salah satu faktornya ialah perbedaan latarbelakang pendidikan santri dimana pengetahuan yang didapatkan santri ketika dibangku sekolah menengah menjadi sebab perbedaan pemahaman saat dipesantren terutama dalam mengimplementasikan materi PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari pengasuh pesantren, santri program studi PAI, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan dalam praktik pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li As-Sunnah An-Nabawiyyah melalui bentuk presentasi dapat meningkatkan pemahaman materi PAI pada santri program studi PAI santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Kondisi santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren yang berasal dari program studi PAI dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda melalui aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li As-Sunnah An-Nabawiyyah mampu menguatkan pemahaman materi PAI. Adanya aplikasi Al-Maktabah Al-Alfiyah Li As-Sunnah An-Nabawiyyah yang mudah digunakan (compatible) pada semua laptop mampu membantu santri dalam proses belajar. Aplikasi yang relatif mudah dipahami oleh santri walaupun dari berbagai latarbelakang pendidikan yang berbeda membuat santri program studi PAI lebih mudah untuk membantu pembelajaran baik di pesantren maupun di kampus. Terlebih pembelajaran dilaksanakan melalui bentuk yang efisien yakni menggunakan bentuk pembelajaran presentasi mampu meningkatkan rasa percaya diri pada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING (Studi Seni Kreatif dan Menulis) > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Istiana Malikatin
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:49
Last Modified: 24 Nov 2022 02:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item