Dzanuroini, Ulya Rizqi (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134118_prabab.pdf Download (713kB) |
|
Text
932134118_bab1.pdf Download (168kB) |
|
Text
932134118_bab2.pdf Download (200kB) |
|
Text
932134118_bab3.pdf Download (363kB) |
|
Text
932134118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
932134118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
932134118_bab6.pdf Download (110kB) |
|
Text
932134118_daftarpustaka.pdf Download (135kB) |
|
Text
932134118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932134118_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (227kB) |
Abstract
ABSTRAK ULYA RIZQI DZANUROINI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MUAWANAH, M.Pd dan Dr. Hj. NAJAHAH, M.Ag, Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Kediri, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Peduli Lingkungan, Pembelajaran Akidah Akhlak. Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan salah satu upaya yangdilakukan untuk menanamkan karakter sikap dan tindakan yang selalu berupayamencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkanupaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Salahsatubentuk program pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu dalamprosespembelajaran yang terintegrasi dalam mata pelajaran akidah akhlak. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan dalampengimplemtasian pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaranAkidah Akhlak di MTsN 2 Kediri? (2) Bagaimana implementasi pendidikankarakter peduli lingkungan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN2Kediri? (3) Bagaimana evaluasi terhadap implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Kediri? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yangpeneliti peroleh dianalisis dengan menyeleksi dan menyusun data, kemudiandiolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Data diperiksakeabsahannya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang guru akidahakhlak lakukan berupa penyusunan perangkat pembelajaran sesuai standar karakter yang telah ditetapkan sebelumnya dan juga menyiapkan sarana danprasana guna menunjang pengimplementasian pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran akidah akhlak. (2) Implementasi pendidikankarakter peduli lingkungan melalui pembelajaran akidah akhlak melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, pengelolaan/ manajemen kelas dalam proses pembelajaran, penggunaan metode dapat yangmelibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, dan pelaksanaanevaluasi pembelajaran. (3) Evaluasi pendidikan karakter peduli lingkungandilakukan sesuai dengan RPP yang dibuat dengan mengedepankan aspek afektif dan psikomotorik siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ulya Rizqi Dzanuroini |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 06:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 06:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6602 |
Actions (login required)
View Item |