Asmu'in, Asmu'in (2020) Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pembinaan Entrepreneurship Di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101217003PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101217003BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
92101217003BAB II.pdf Download (433kB) |
|
Text
92101217003BAB III.pdf Download (129kB) |
|
Text
92101217003BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text
92101217003BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text
92101217003BAB VI.pdf Download (162kB) |
|
Text
92101217003DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAK Asmu’in, (1) Dr. H. Muniron, M,Ag. (2) Dr, Hj.Munifah, M.Pd, Integrasi Nilai Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Entrepreneurship di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2020. Kata Kunci: Integrasi, Nilai Spiritual, Entrepreneurship Pasantren adalah lembaga pendidikan Islam yang lahir dejak tahun , pesantren terbukti mengorbitkan banyak ulama’ besar maupun cendikiawan muslim. Berdasarkan tujuan berdirinya, pesantren berhasil mencetak generasi muslim yang hakiki, mampu menjadi penerus ambiya’, tabi’in dan ulama’ sebelumnya dalam menegakan syari’at Islam. Kini pesantren dituntut lentur terhadap keadaan zaman, paradigma masyarakat yang menganggap pesantren hanya bisa mencetak alumni yang pandai dalam urusan agama saja, pesantren harus mampu menjawab bahwa pesantren juga bisa berbicara banyak dalam urusan dunia usaha. Pendidikan berbasis Integrasi adalah langkah yang tepat untuk mencetak alumni yag ahli dalam ilmu agama maupun ilmu wirausaha. Nilai pendidikan agama Islam yang ditanamkan di pesantren menjadi landasan untuk di integrasikan dengan pendidikan entrepreneurship. Penelitian ini merujuk kebeberapa fokus penelitian, 1) Bagaimana pendidikan agama Islam dan pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Riyadlul Jannah, 2) Bagaimana integrasi nilai pendidikan agama Islam dan pendidikan entrepreneurship, 3) Apa faktor prndukung dan penghambat integrasi nilai pendidikan agama Islam dan pendidikan entrepreneurship. Dengan beberapa fokus masalah tersebut diharapkan mengetahui hasil integrasi yang di implementasikan pondokpesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan kualitatif deskriptif, Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data peneliti melakukan triangulasi, baik triangulasi sumber maupun metode. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Nilai spiritual pondok pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto meliputi nilai istiqomah, kejujuran, khidmah, tawadhu’ dan nilai tanggung jawab. Adapun metode sehingga tertanam nilai ini dengan menggunakan metode pendekatan pembiasaan/latihan, mauidzhoh, dan kedisiplinan. 2) Integrasi nilai spiritual dalam pembinaan entreprneurship melalu kegiatan pembinaan entreprneurship pondok pesantren Riyadlul Jannah, yakni program pelatiha, dan program praktek usaha. Praktek usahanya meliputi praktek pertanian, mini market, fred chiken, dan perikanan. Nilai yang diintegrasikan dalam setiap praktek usaha adalah: pertanian yang diintegasikan nilai tanggung jawab, mini market yang diintegrasikan nilai tawadhu’, freed chiken yang ii diintegrasikan nilai kejujuran dan istiqomah, perikanan yang diintegrasikan nilai khidmah. 3) faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai spiritual dalam pembinaan entreprneurship. a) faktor pendukung nilai yang mau diintegrasikan sebelumnya sudah diajarkan dan ditanamkan dalam kegiatan pesantren, sehingga mempermudah aktualisasi dalam pembinaan entreprneurshpnya. b) faktor penghambanya menjadikan integrasi yang dilakukan menjadikan pembinaan usaha menjadi lamban atau tidak sesuai dengan target yang sudah dintentukan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | embargo embargo |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6529 |
Actions (login required)
View Item |