Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 7 kediri

Zakaria, Zain Mokhmmad (2022) Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 7 kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932142218_prabab.pdf

Download (570kB)
[img] Text
932142218_bab1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932142218_bab2.pdf

Download (506kB)
[img] Text
932142218_bab3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932142218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
932142218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
932142218_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
932142218_daftarpustaka.pdf

Download (715kB)
[img] Text
932142218_suratpernyataan.pdf

Download (275kB)

Abstract

MOKHAMMAD ZAKARIA ZAIN, Dosen Pembimbing: Bapak Saifullah, M.Ag, dan Ibu Sheila Fakhria, M.H: Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTsN 7 Kediri. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri 2022. Kata Kunci: Sholat Dhuha, Pembinaan Akhlak, Faktor Penghambat Sekolah merupakan sarana dalam menimba ilmu dan menjadi rumah kedua bagi siswa siswi dalam mengembangkan potensi diri dan akhlak moral. Sekolah tidak hanya mengembangkan pendidikan secara formal akan tetapi bagaimana peserta didik memiliki jiwa yang selalu mengingat kepada penciptaNya, memiliki moral dan akhlak yang baik dalam berkehidupan dimasyarakat. Oleh karena itu sekolah berlomba-lomba memberikan edukasi berupa kegiatan yang mana salah satunya di MTsN 7 Kediri yang melakukan kegiatan sholat dhuha berjamaah. Untuk itu fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha berjamaah di MTsN 7 Kediri?. 2) Bagaimana manfaat pembiasaan sholat dhuha bejamaah dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 7 Kediri? 3) Bagaimana hambatan yang terjadi serta solusi yang dilakukan dalam pembinaan akhlak siswa siswi melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah di MTsN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan meliputi metode: wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis peneliti menggunakan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, kemudian mengambil kesimpulan atau verifikasi. Pengumpulan data mengunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan sholat dhuha berjamaah di MTsN 7 Kediri dikerjakan sebanyak 4 rokaat dengan 2 salam di mushola madrasah. 2) manfaat pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa meliputi: a. Memberikan manfaat pembiasaan, b. memberikan pendidikan kedisiplinan dan c. Menambah kesehatan jasmani ataupun rohani. 3) Hambatan dalam pelaksanaannya yaitu a. Pergaulan teman dengan solusi diberikan nasehat dan arahan. b. Berpura-pura halangan (haid) dengan solusi penjadwalan rutin setiap minggunya dengan melihat tanggal awal dan akhir haid siswi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokhammad Zakaria Zain
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:00
Last Modified: 06 Oct 2022 07:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item