Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri 1 Jatikalen Kabupaten Nganjuk

Misrutin, Evi Hosaini (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri 1 Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612218_prabab.pdf

Download (639kB)
[img] Text
932612218_bab1.pdf

Download (673kB)
[img] Text
932612218_bab2.pdf

Download (726kB)
[img] Text
932612218_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
932612218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932612218_bab5.pdf

Download (103kB)
[img] Text
932612218_daftar_pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932612218_suratpernyataan.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya media ajar yang digunakan untuk melatih membaca permulaan, sehingga perlu dikembangkanya sebuah produk berupa kartu kata bergambar (flashcard) sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimanakah proses pengembangan sebuah media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas 1 SDN 1 Jatikalen ?, 2. Bagaimanakah kelayakan sebuah media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas 1 SD Negeri 1 Jatikalen ?, 3. Apakah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas 1 SDN 1 Jatikalen ? Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu 1) Analysis, 2) Desigen, 3) Development, 4) Implementation 5) Evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 1 ahli Medi, 1 ahli bahasa, dan pendidik kelas I serta uji coba lapangan pada peserta didik kelas I SD Negeri 1 jatikalen. Dari hasil penelitian (1) Menghasilkan produk berupa medi bergambar (flashcard), Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran kartu bergambar (flashcard) sebagai berikut : a) tahap analisis; b) tahap pengembangan; c) tahap desain; d) tahap validasi dan implementasi atau uji coba. (2) Berdasarkan validasi para ahli menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli media mencapai 97 % dengan kriteria “sangat layak”, ahli bahasa mencapai 80% dengan kriteria “sangat layak”, penilaian respon pendidik memperoleh presentase 98% dengan kriteria sangat layak, tahap uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata sebesar 70% dengan kriteria sudah berkembang, uji coba skala besar mendapatkan presentase diatas 80% dengan kriteria berkembang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media kartu kata kata bergambar yang telah peneliti kembangkan telah layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. (3) Dan hasil dari kelayakan sebuah media di lakukan dengan beberapa tes diantaranya: hasil pre- test kelompok kecil, sebelum menggunakan media mendapatkan presentase sebesar 55% peserta didik masih belum berkembang dengan baik dan presentase post-test kelompok kecil mendapatkan 78% peserta didik dapat berkembang. Dan hasil presentase kelompok besar sebelum menggunakan media sebesar 56% masih belum berkembang, namun setelah menggunakan sebuah media bergambar anak sudah mulai berkembang dengan presentase sebesar 89% peserta didik sudah mulai berkembang dengan pembelajaran menggunakan sebuah media.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evi Hosaini Misrutin
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:27
Last Modified: 05 Oct 2022 02:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6461

Actions (login required)

View Item View Item