Pengembangan Media Literasi Big Book Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas 2 Untuk Memfasilitasi Pemahaman Siswa Dalam Materi Aturan Dan Tata Tertib Sekolah Di MI Hidayatun Najah Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri

Prasasti, Mey Eka (2022) Pengembangan Media Literasi Big Book Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas 2 Untuk Memfasilitasi Pemahaman Siswa Dalam Materi Aturan Dan Tata Tertib Sekolah Di MI Hidayatun Najah Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932606518_bab1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932606518_bab2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932606518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932606518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932606518_bab5.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932606518_daftarpustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932606518_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (355kB)

Abstract

Pemahaman siswa dalam materi pembelajaran dapat dipengaruhi dengan penggunaan fasilitas pembelajaran, seperti penggunaan media pembelajaran. Seorang pendidik ketika dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa tertarik, semangat belajar dan lebih memahami materi pelajaran. Namun penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pelajaran dan memperhatikan kemampuan serta tahap perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan produk berupa Media Literasi Big Book Mata Pelajaran PPKn Kelas 2 SD/MI Materi Aturan dan Tata Tertib Sekolah, (2) Untuk mengetahui keefektifitasan pengembangan Media Literasi Big Book Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Memfasilitasi Pemahaman Siswa Materi Aturan dan Tata Tertib Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah model ADDIE. Penelitian ini di lakukan di MI Hidayatun Najah Bulusari Kec. Tarokan Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, penilaian guru kelas terhadap media dan Lembar Kerja Siswa (LKS), angket tanggapan siswa serta uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pengembangan media literasi big book ini telah melalui tahap yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi, (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan hasil presentase 90% masuk ke kategori ``Sangat Baik`` sedangkan hasil validasi ahli media dengan presentase 95,71% kategori ``Sangat Baik``, selanjutnya penilaian guru kelas terhadap media memperoleh presentase sebesar 90% kategori ``Sangat Baik``, dan penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS) presentasenya sebesar 85,71% kategori `` Sangat Baik``, adapun angket tanggapan siswa presentase sebesar 96,94% kategori ``Sangat Baik``. Artinya media literasi big book ini layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran. (3) Berdasarkan hasil uji coba skala kecil siswa mendapat rata-rata nilai pretest 70 kategori ``Rendah``, sedangkan postest sebesar 90,71 kategori ``Sangat Tinggi``, dan dalam hasil uji coba skala besar rata-rata nilai pretest sebesar 63,51 kategori ``Rendah``, sedangkan postest 87,40 kategori ``Sangat Tinggi``. Artinya media literasi big book ini efektif dalam memfasilitasi pemahaman siswa dalam materi Aturan dan Tata Tertib Sekolah mata pelajaran PPKn kelas 2 SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mey Eka Prasasti
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:09
Last Modified: 04 Oct 2022 07:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item