Sa'adah, Azrina Hilmi (2022) حرف الجر في اللغة العربية و في اللغة الإنجلزية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932510218_prabab.pdf Download (609kB) |
|
Text
932510218_bab1.pdf Download (339kB) |
|
Text
932510218_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
932510218_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
932510218_bab4.pdf Download (152kB) |
|
Text
932510218_daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
932510218_suratpernyataan.pdf Download (262kB) |
Abstract
ABSTRAK Azrina Hilmi Sa’adah, 2022, Huruf Jar dalam Bahasa Arab dan Preposition dalam Bahasa Inggris (Studi Analisis Kontarstif), Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN Kediri ), Dosen Pembimbing Ahmad Sholihuddin, M.Pd dan Nur Khamidah, S.S., M.Hum. Kata Kunci : Huruf Jar, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Studi Konstrastif Skripsi ini membahas tentang perbandingan antara huruf jar dalam bahasa arab dan huruf jar dalam Bahasa inggris. Bahasa arab dan Bahasa inggris pasti memiliki struktur yang menjadi ciri khas tersendiri. Diantaranya memiliki aspek persamaan dan perbedaan dalam penyusunan sebuah kalimat dalam segi pengertian, jenis, dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan penelitian tentang analisis kontrastif huruf jar dalam bahasa arab dan preposition dalam bahasa inggris. Dengan tujuan 1). Untuk mengetahui fungsi huruf jar dalam bahasa arab dan dalam bahasa inggris, 2). Untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan huruf jar dalam bahasa arab dan bahasa inggris, 3), untuk mengetahui implikasi adanya persamaan dan perbedaan huruf jar dalam bahasa arab dan preposition dalam bahasa inggris terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif dengan model penelitian kepustakaan (library reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, Dan sumber primernya berupa buku-buku tentang huruf jar dan preposition. adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik deskriptif dan teknik konstrastif. Terdapat tiga temuan hasil dari penelitian ini yaitu : 1). Huruf jar dalam bahasa arab terdapat beberapa jenis, ciri dan fungsi tersendiri begitu pula preposition yang terdapat beberapa jenis,ciri, dan fungsi tersendiri yang tentunya memiliki kesamaan dan perbedaan. 2). persamaan antara huruf jar dan preposition yaitu Dalam bahasa arab dan bahasa inggris masing-masing memiliki kata depan yang berfungsi untuk mengetahui keberadaan suatu tempat dan waktu seperti huruf في dalam bahasa arab dan in dalam bahasa inggris yang masing – masing bisa bermakna di, pada, dalam, atas, sedangkan perbedaannya adalah Huruf jar terdiri atas 20 huruf dengan pembagian ada 3 macam yaitu huruf yang tidak khusus, huruf yang menyimpang dari makna aslinya, huruf asli. Sedangkan preposition dalam bahasa inggris memiliki lebih dari 20 kata preposition yang dikelompokkan berdasarkan preposition of time, place, movement, manner, purpose, quantity/measure. 3). implikasi persamaan dan perbedaan antara huruf jar dan preposition terhadap Pembelajaran Bahasa arab adalah Pembahasan mengenai huruf jar dan preposition, huruf jar lebih banyak pembagian syarat – syaratnya sehingga bisa disebut jar contoh مذ – منذ yang terkadang bisa menjadi isim, sedangkan preposition pembagianya sudah jelas akan tetapi masih perlu pemahaman penempatan kata depan yang benar. Maka dari itu pendidik atau guru perlu melakukan kajian yang lebih konprehensif dan sistematis untuk bisa memakai penempatan kata depan yang benar dalam bahasa arab maupun bahasa inggris.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Azrina Hilmi Sa'adah |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 08:37 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 08:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6436 |
Actions (login required)
View Item |