Sari, Wulan (2022) Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Kelas X Multimedia SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131815_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932131815_bab1.pdf Download (396kB) |
|
Text
932131815_bab2.pdf Download (433kB) |
|
Text
932131815_bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
932131815_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
|
Text
932131815_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
932131815_bab6.pdf Download (171kB) |
|
Text
932131815_daftarpustaka.pdf Download (504kB) |
|
Text
932131815_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
932131815_suratpernyataan.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK WULAN SARI, 2022. Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Kelas X Multimedia Smk Al-Huda Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing : (1) Ninik Zuroidah, M, Si. dan (2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Motivasi Belajar, Masa Pandemi Virus Covid-19 mengubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan yang semula dilaksanakan secara tatap muka, kini harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Dalam masa pandemic covid-19 ini, guru PAI kelas X Multimedia SMK Al-Huda Kota Kediri melakukan inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi di masa pandemi seperti saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMK Al-Huda Kota Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI di Kelas Multimedia SMK Al-Huda ada 4 macam. Pertama, menjelaskan tujuan pembelajaran dengan cara membagikan materi dalam file pdf agar siswa bisa belajar terlebih dahulu dan guru PAI juga menjelaskan KI dan KD agar siswa mengetahui batasan materi belajarnya. Kedua, memberikan reward, reward yang dimaksud adalah nilai + bagi siswa yang aktif selama pembelajaran karena pembelajaran yang dilakukan hanya melalui media online. Ketiga, memberi pujian, guru PAI juga memberi pujian kepada siswa yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru PAI, dan hal ini juga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Keempat, penggunaan media yang tepat, karena dimasa pandemic guru dan murid tidak bisa bertatap muka secara langsung maka guru PAI harus bisa memilih media apa yang bisa digunakan untuk memberikan pembelajaran jarak jauh kepada siswanya yang tidak membosankan. 2) Faktor Pendukung dalam hal meningkatkan motivasi belajar siswa didukung oleh dua hal, yang pertama adalah guru PAI yang harus selalu memotivasi siswanya agar terus belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan. Kedua, kerjasama antara orang tua dan guru, dalam masa pandemi seperti ini guru PAI tidak bisa mengawasi secara langsung maka dibutuhkan peran orang tua. 3) faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah sinyal yang tidak mendukung dan HP sebagai media belajar namun dibuat bergantian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wulan Sari |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 06:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6406 |
Actions (login required)
View Item |