Survival Madrasah Mu’allimin Dalam Dinamika Pendidikan Islam (Study Kasus Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang)

Rijal, Azizul (2021) Survival Madrasah Mu’allimin Dalam Dinamika Pendidikan Islam (Study Kasus Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101519004_prabab.pdf

Download (410kB)
[img] Text
92101519004_bab1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
92101519004_bab2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
92101519004_bab3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
92101519004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
92101519004_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
92101519004_bab6.pdf

Download (153kB)
[img] Text
92101519004_suratpernyataan.pdf

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK Azizur Rijal, 2021, Survival Madrasah Mu’allimin dalam Dinamika Pendidikan Islam (Study kasus Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang), Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Dr. Hj. Mu’awwanah, M.Pd. Kata Kunci: Madrasah Mu’allimin , Dinamika Pendidikan Islam Belakangan ini banyak lembaga pendidikan bonavid yang mulai membuka kelas international dan menjadikan sains dan teknologi sebagai unggulan dari lembaga pendidikan yang di kelola. Beberapa kalangan ada yang beranggapan bahwa hal tersebut menurunkan minat siswa untuk menempuh pendidikan di madrasah semisal madrasah Mu’allimin Mu’allimat. Namun kenyataannya berbeda ketika kita melihat Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul ulum yang masih mempertahankan kurikulum ala pesantren dan sampai saat ini masih survive ditengah persaingan dengan lembaga-lembaga formal lainnya yang lebih maju. Sebagai lembaga yang berorientasi pada “Tafaqquh fi al-din” maka Madrasah Muallimin-Mu’allimat akan selalu survive dalam setiap kegiatan kegiatan keagamaan namun tetap terbuka terhadap kemajuan teknologi dan aspek umum lainnya karena ini modal untuk bersaing dalam kehidupan di dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kehadiran peneliti mutlak sebagai observasi partisipan yang dalam pemerolehan data diperoleh antara lain dari: Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pihak-pihak terkait mulai dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Dewan Guru, siswa dan alumni yang meliputi: data tentang kurikulum Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum, Standar Pendidikan dan strategi dalam mempertahankan keberlangsungan madrasah. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kurikulum yang digunakan di Madrasah MMA 6 tahun Bahrul Ulum adalah mengintegrasikan antara kurikulum nasional, kurikulum kemenag dan kurikulum ala pesantren. 2) standar pendidikan yang diterapkan di Madrasah Mu’allimin mengikuti standar nasional pendidikan namum ada sedikit yang berbeda dalam hal standar penilaian dan kelulusan 3) strategi madrasah MMA Bahrul Ulum sehingga masih survive sampai saat ini diantaranya adalah menerapkan perinsip dengan mempertahankan nilai-nilai lama yang baik dan menginovasikan nilai-nilai baru yang lebih baik, melengkapi sarana prasarana serta menjaga kwalitas lulusan yang berprestasi dalam bidang ilmu agama dan kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizur Rijal
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:08
Last Modified: 30 Sep 2022 08:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item