Pengaruh Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Kediri Angkatan 2020

Saadah, Zawiatus (2022) Pengaruh Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Kediri Angkatan 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933415717_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933415717_bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
933415717_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
933415717_bab3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
933415717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
933415717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
933415717_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
933415717_daftarpustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Stres akademik merupakan salah satu hambatan dalam proses pembelajaran daring yang dialami baik oleh mahasiswa. Stres akademik ialah stres yang diakibatkan oleh banyaknya tugas-tugas kuliah yang diperoleh mahasiswa. Hasil dari pra penelitian terhadap empat mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2020 mengalami stres akademik dengan berbagai reaksi yang berbeda seperti jengkel, kesal, kelelahan, tidur larut malam, dan nafsu makan menurun. Terdapat banyak faktor untuk mengurangi stres akademik dalam pembelajaran daring, salah satunya dukungan sosial dari orang sekitar dan penyesuaian diri. Dukungan sosial adalah dukungan yang berasal dari orang disekitarnya dapat berupa penerimaan, perhatian, bantuan dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian dari penyesuaian diri ialah proses mental dan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menyesuaikan diri sesuai dengan keinginannya dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, pentingnya meningkatkan dukungan sosial dan penyesuaian diri untuk mengurangi stres akademik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik. 2) untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap stres akademik. 3) untuk mengetahui pengaruh antara dukungan sosial dan penyesuaian diri terhadap stres akademik dalam pembelajaran daring pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2020 di IAIN Kediri sebanyak 112 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menyebar angket online berupa link google form. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket dukungan sosial menurut House. Angket penyesuaian diri menggunakan teori Schneiders. Dan angket stres akademik diadaptasi dari teori Sarafino dan Timothy. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil analisis data menyatakan bahwa 1) dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap stres akademik dalam pembelajaran daring dengan nilai t hitung -2,748 yang berarti terdapat hubungan negatif, dengan sumbangsih 8,6%. 2) penyesuaian diri memiliki pengaruh terhadap stres akademik pembelajaran daring dengan nilai t hitung -3,761 yang berarti memiliki hubungan negatif, dengan sumbangsih 13%. 3) dukungan sosial dan penyesuaian diri memiliki pengaruh negatif terhadap stres akademik dalam pembelajaran daring dengan sumbangsih sebesar 22,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: ZAWIATUS SAADAH
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:04
Last Modified: 29 Sep 2022 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6388

Actions (login required)

View Item View Item