Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arahmah Desa Purwotengah Kecamatan Papar pada Pembelian Merchandise BTS

Setyaningsih, Putri (2022) Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arahmah Desa Purwotengah Kecamatan Papar pada Pembelian Merchandise BTS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
933707918_prabab.pdf

Download (848kB)
[img] Text
933707918_bab1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
933707918_bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
933707918_bab3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
933707918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
933707918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
933707918_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
933707918_daftarpustaka.pdf

Download (555kB)
[img] Text
933707918_suratpernyataan.pdf

Download (142kB)

Abstract

Fenomena Korean Wave merasuki jenjang Madrasah Aliyah. Madrasah Aliyah Arrahmah adalah salah satu sekolah keagamaan yang siswanya mengikuti perkembangan Korean Wave. Hal ini menjadi menarik karena siswanya gemar mengoleksi merchandise BTS namun di sisi lain juga mendapat pelajaran tentang mengkonsumsi dalam Islam. Dengan dilakukan secara terus menerus perilaku ini dapat menyebabkan perilaku menjadi konsumtif yang mana tidak sesuai dengan pelajaran yang diperoleh di Madrasah Aliyah. Maka yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arrahmah pada Pembelian Merchandise BTS, (2) Mengetahui Refleksi Pemahaman Siswa Madrasah Aliyah Arrahmah tentang Konsumsi dalam Islam pada Membeli Merchandise BTS. Untuk menjelaskan pertanyaan penelitian tersebut, maka meminjam teori Konsumerisme dari pemikiran Jean P Baudrillard. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskrtiptif. Kemudian data yang diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam mengolah data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa di Madrasah Aliyah Arrahmah yang menunjukkan pola perilaku konsumsi siswa terdapat 3 proses yakni yang pertama simulasi. Simulasi yang terbentuk dari pengaruh teman kemudian menirunya dan melihat media massa. Yang kedua yakni simulacra yang terbentuk dari hasil membeli merchandise adalah pola pikir menyetujui apayang dilihat dari tampilan gambar pada merchandise. Dan yang ketiga adalah hiperrealitas, yang diwujudkan dalam bentuk mengkoleksi merchandise BTS sebagai identitas, kebanggaan dapat menyamakan diri dengan penggemar lainnya, kesenangan dan kepuasan, dan menjadikan standar pasangan. Serta diperoleh pemahaman siswa tentang refleksi tentang perilaku konsumtif dengan pelajaran yang diperoleh. Dimana siswanya mengikuti fenomena Korean Wave dan mengkoleksi merchandise BTS terbagi menjadi 2. Yang pertama siswa mengutamakan kebutuhan tapi tetap membeli merchandise BTS dan yang kedua terdapat siswa yang mendahulukan membeli merchandise BTS namun tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim untuk saling menolong sesama penggemar atau orang yang membutuhkan bantuan dan bersedekah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Putri Setyaningsih
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:59
Last Modified: 19 Oct 2022 04:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6353

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item