Setyaningsih, Putri (2022) Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arahmah Desa Purwotengah Kecamatan Papar pada Pembelian Merchandise BTS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
This is the latest version of this item.
Text
933707918_prabab.pdf Download (848kB) |
|
Text
933707918_bab1.pdf Download (538kB) |
|
Text
933707918_bab2.pdf Download (538kB) |
|
Text
933707918_bab3.pdf Download (199kB) |
|
Text
933707918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) |
|
Text
933707918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text
933707918_bab6.pdf Download (190kB) |
|
Text
933707918_daftarpustaka.pdf Download (555kB) |
|
Text
933707918_suratpernyataan.pdf Download (142kB) |
Abstract
Fenomena Korean Wave merasuki jenjang Madrasah Aliyah. Madrasah Aliyah Arrahmah adalah salah satu sekolah keagamaan yang siswanya mengikuti perkembangan Korean Wave. Hal ini menjadi menarik karena siswanya gemar mengoleksi merchandise BTS namun di sisi lain juga mendapat pelajaran tentang mengkonsumsi dalam Islam. Dengan dilakukan secara terus menerus perilaku ini dapat menyebabkan perilaku menjadi konsumtif yang mana tidak sesuai dengan pelajaran yang diperoleh di Madrasah Aliyah. Maka yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arrahmah pada Pembelian Merchandise BTS, (2) Mengetahui Refleksi Pemahaman Siswa Madrasah Aliyah Arrahmah tentang Konsumsi dalam Islam pada Membeli Merchandise BTS. Untuk menjelaskan pertanyaan penelitian tersebut, maka meminjam teori Konsumerisme dari pemikiran Jean P Baudrillard. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskrtiptif. Kemudian data yang diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam mengolah data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa di Madrasah Aliyah Arrahmah yang menunjukkan pola perilaku konsumsi siswa terdapat 3 proses yakni yang pertama simulasi. Simulasi yang terbentuk dari pengaruh teman kemudian menirunya dan melihat media massa. Yang kedua yakni simulacra yang terbentuk dari hasil membeli merchandise adalah pola pikir menyetujui apayang dilihat dari tampilan gambar pada merchandise. Dan yang ketiga adalah hiperrealitas, yang diwujudkan dalam bentuk mengkoleksi merchandise BTS sebagai identitas, kebanggaan dapat menyamakan diri dengan penggemar lainnya, kesenangan dan kepuasan, dan menjadikan standar pasangan. Serta diperoleh pemahaman siswa tentang refleksi tentang perilaku konsumtif dengan pelajaran yang diperoleh. Dimana siswanya mengikuti fenomena Korean Wave dan mengkoleksi merchandise BTS terbagi menjadi 2. Yang pertama siswa mengutamakan kebutuhan tapi tetap membeli merchandise BTS dan yang kedua terdapat siswa yang mendahulukan membeli merchandise BTS namun tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim untuk saling menolong sesama penggemar atau orang yang membutuhkan bantuan dan bersedekah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | Putri Setyaningsih |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 04:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 04:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6353 |
Available Versions of this Item
-
Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arahmah
Desa Purwotengah Kecamatan Papar
pada Pembelian Merchandise BTS. (deposited UNSPECIFIED)
- Perilaku Konsumtif Siswa Madrasah Aliyah Arahmah Desa Purwotengah Kecamatan Papar pada Pembelian Merchandise BTS. (deposited 19 Oct 2022 04:59) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |