Internalisasi Nilai Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik MTsN 3 Nganjuk

Sari, Siti Arfiaturrohmah (2022) Internalisasi Nilai Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik MTsN 3 Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
92401020011_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92401020011_BAB1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92401020011_Bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
92401020011_Bab3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
92401020011_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
92401020011_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
92401020011_Bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
92401020011_daftarpustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
92401020011_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
92401020011_PernyataanPublikasi.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK SITI ARFIATURROHMAH SARI, 2022, Internalisasi Nilai Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik MTsN 3 Nganjuk, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Munifah, M. Pd. (2) Dr. Hj. Mu’awanah, M. Pd. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Kinerja Pendidik Tuntutan masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan output yang berkualitas tinggi dengan mengedepankan kepribadian karakter pada anak-anaknya mengharuskan pendidik untuk bertanggungjawab dalam meningkatkan kinerja. Dalam situasi ini, setiap pemimpin lembaga madrasah berusaha menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja para pendidik dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat serta Tujuan Pendidikan Nasional. Hal ini menjadikan madrasah untuk menginternalisasikan nilai organisasi pada pendidik agar pendidik memiliki kepribadian yang unggul yang mampu mempengaruhi kualitas kinerjanya. Berpijak dari fenomena tersebut, peneliti ingin menemukan:(1)Bentuk nilai organisasi yang diinternalisasikan dalam meningkatkan kinerja pendidik; (2)Tujuan internalisasi nilai organisasi dalam meningkatkan kinerja pendidik; (3)Strategi internalisasi nilai organisasi dalam meningkatkan kinerja pendidik; (4)Evaluasi internalisasi nilai organisasi dalam meningkatkan kinerja pendidik; dan (5)Dampak kinerja yang terbangun dari hasil internalisasi nilai organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitan studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MTsN 3 Nganjuk. Data penelitian dikumpulkan melalui tiga metode, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan narasumber berjumlah 4 orang yaitu Kepala Madarasah dan 3 orang pendidik. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi data. Kemudian dalam keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:(1)Nilai organisasi yang diinternalisasikan kepada pendidik di MTsN 3 Nganjuk meliputi nilai-nilai religiusitas, 5 nilai budaya kerja Kemenag, nilai kekeluargaan dan nilai komitmen. (2)Tujuan internalisasi nilai organisasi adalah mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah, dan menciptakan pendidik yang berkarakter serta meningkatkan kualitas kinerja pendidik MTsN 3 Nganjuk. (3)Strategi yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan trans-internalisasi nilai dengan program-program yang telah dibentuk dan dilaksanakan. (4)Evaluasi yang dilakukan dalam internalisasi terdiri dari dua model yaitu evaluasi tersetruktur melalui evaluasi kinerja pendidik yang dilakukan setiap akhir semester dan rapat korodinasi serta evaluasi tidak terstruktur melalui kondisional permasalahan yang terjadi selama proses internalisasi nilai organisasi kepada pendidik MTsN 3 Nganjuk. Dan (5)Dampak kinerja yang terbangun dalam internalisasi nilai organisasi adalah pendidik memiliki inovasi yang tinggi serta bertanggungjawab terhadap prestasi MTsN 3 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Arfiaturrohmah Sari
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:14
Last Modified: 26 Sep 2022 08:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item View Item