Manajemen Kurikulum Di Pondok Pesantren Salafiyah An-Nur Ridholloh Nganjuk

Puspitasari, Devy (2022) Manajemen Kurikulum Di Pondok Pesantren Salafiyah An-Nur Ridholloh Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92401020002_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92401020002_bab1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
92401020002_bab2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
92401020002_bab3.pdf

Download (246kB)
[img] Text
92401020002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
92401020002_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
92401020002_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
92401020002_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92401020002_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK DEVY PUSPITASARI, 2022, Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Salafiyah An-Nur Ridholloh, Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Pesantren Salaf. Kurikulum pesantren sebagai praktik pendidikan yang bisa membuka peluang sinergis transformatif dan pemberdayaan masyarakat. Pesantren dinilai mampu melayani kebutuhan pendidikan masyarakat untuk berbagai golongan umur, realitas ekonomi, sosial, budaya serta masyarakat plural sehingga penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan perumusan kurikulum pendidikannya. PP. An-Nur Ridholloh Nganjuk telah membuat kurikulum yang dapat mengakamodir kebutuhan masyarakat sekitarnya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum di PP. An-Nur, (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen kurikulum di PP. An-Nur, (3) Bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum di PP. An-Nur, (4) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum di PP. An-Nur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus dan fenomenologi. Penelitian ini akan memaparkan secara mendalam tentang manajemen kurikulum mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasinya. Peneliti memilih jenis penelitian ini karena akan mengkaji aktivitas secara rinci dan intensif mengenai manajemen kurikulum berbasis moderasi di Pondok Pesantren Salafiyah An-Nur Ridholloh Nganjuk. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum dilakukan dengan merumuskan dasar dan tujuan kurikulum, menetapkan kurikulum yang dijadikan acuan, mengorganisasikan santri seusui kebutuhannya, merumuskan jadwal dan program, (2) Pengorganisasian kurikulum di pesantren ini berjenis Integrated curriculum yang terbagi menjadi kurikulum inti atau core curriculum, kurikulum yang berdasarkan proses sosial dan fungsi kehidupan (Social function and persistens situation) dan kurikulum yang berpusat pada pengalaman dan kegiatan (Experience and activity curriculum). (3) Pelaksanaan kurikulum dibagi menjadi pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan kokurikuler, intrakurikuler, ekstrakurikuler, hidden curriculum serta pelaksanaan program bersama masyarakat dengan tujuan menanamkan sikap moderat pada mereka, (4) Jenis evaluasi kurikulum pesantren ini adalah evaluasi sumatif yang dilakukan langsung oleh kiai dan dewan asaatidz tanpa ada jadwal terstruktur dan tidak terdokumentasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Devy Puspitasari
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:18
Last Modified: 26 Sep 2022 08:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6339

Actions (login required)

View Item View Item